Pasca Gajah, Kini Anoa Mati di KBS

Anoa Bobby KBS. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Pasca kematian Gajah Dumbo ternyata ditemukan kasus baru kematian hewan di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Adalah Anoa bernama Bobby, yang mati pada 16 Januari 2022 lalu.

Kepala Seksi Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Agus Supangkat mengatakan, kematian Anoa ini akibat usia yang sudah tua. Usia Bobby 19 tahun. Di mana, hewan asli Sulawesi Tengah ini sudah berada di KBS sejak 2006 lalu.

Agus menjelaskan, sejak 15 Januari 2022 lalu terlihat penurunan nafsu makan pada Bobby dan sudah tidak mampu berdiri. Kemudian manajemen melaporkan ke BBKSDA Jawa Timur.

“Dengan pendampingan BBKSDA, tim medis memberikan tindakan medis berupa pemberian infus intra vena, vitamin, mineral, obat anti kembung, antibiotika, dan pemberian pakan alami. Kemudian dilakukan pengawasan selama 24 jam penuh oleh tim medis dan perawat satwa,” kata Agus, Kamis 20 Januari 2022.

Pasca penanganan, Agus mengaku, kondisi hewan sempat membaik yang tampak dapat berdiri, dan nafsu makan kembali membaik. Namun, untuk nafas masih tidak normal.

Lalu pada pukul 17.30 WIB Anoa Bobby tidak terselamatkan. Manajemen KBS langsung melaporkan ke BBKSDA yang kemudian dilakukan autopsi oleh tim medis dan BBKSDA.

“Diagnosa sementara disebabkan faktor usia yang sudah tua, sehingga fungsi organ tubuh satwa mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penelitian dan literatur yang ada menyebutkan rata-rata usia hidup Anoa berkisar 22-24 tahun,” jelasnya.

Untuk memperkuat diagnosa, saat ini sudah dikirim sampel beberapa organ tubuh Bobby ke laboratorium. Dengan kematian Bobby, kini tersisa lima ekor Anoa di KBS.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.