PAUD Santa Maria Penolong Abadi Rejeng, Sukses Selenggarakan Lomba Bulan Kitab Suci

  • Bagikan


Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlonenow.com – Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Santa Maria Penolong Abadi Paroki Rejeng, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menyelenggarakan perlombaan Kuis Kitab Suci.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari, pada Minggu, 3 Oktober 2021 bertempat di Aula Thomas Krump Paroki Rejeng itu diikuti oleh 58 (Lima Puluh Delapan) siswa PAUD Santa Maria Penolong Abadi Rejeng.

Kepala Sekolah PAUD Santa Maria Penolong Abadi, Yustina Iman, selaku Penyelenggara sekaligus penanggung jawab kegiatan perlombaan dimaksud kepada Wartawan, Rabu (6/10/2021) petang, menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati bulan Kitab Suci Nasional yang bertema “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita”.

Kegiatan ini sebagai bagian dari program sekolah yang dirancang sejak awal tahun pelajaran dan rencananya akan menjadi program rutin tahunan sekolah kedepannya. Tujuannya untuk membentuk karakter anak didik, jelas Yustina.

Lomba Bulan Kitab Suci ini, lanjut Dia, baru pertama kalinya digelar pada tahun ini. Materi perlombaan dikategorikan berdasarkan kelompok usia, diantaranya, Kelompok Usia 3 Tahun, yaitu pengenalan benda-benda kudus, seperti, Rosario, Salib, Patung Bunda Maria, Kitab Suci, Tokoh Agama dan Pendidik.

Kelompok Usia 4 Tahun, yaitu pengetahuan umum tentang iman katolik. Sedangkan Kelompok Usia 5-6 Tahun, yaitu mendongeng, dikutip dari Kitab Suci Perjanjian Baru, Injil Matius, 19:13-15, dan Kuis Kitab Suci yang diambil dari, Injil Matius 19:13-15, dan tentang 12 Rasul Yesus.

Untuk menyemangati peserta lomba, panitia penyelenggara memberikan hadiah berupa Kitab Suci dan Rosario kepada para pemenang, termasuk kepada seluruh peserta lainnya, panitia juga membagikan Rosario gratis dan hadiah lainnya. Kegiatan ini disponsori oleh Lembaga Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Ruteng.

Menurut Yustina, antusiasme orang tua bersama masyarakat setempat sangat baik, hal itu terlihat dari keikutsertaannya saat kegiatan berlangsung. Tak hanya itu mereka juga terlibat aktif dalam memberikan sejumlah pertanyaan kepada peserta lomba.

“Respon orang tua dan masyarakatnya sangat baik. Mereka sangat antusias menyaksikan anak-anak mereka saat mengikuti lomba. Mereka juga kita pakai saat memberikan pertanyaan kepada anak-anak mereka dan itu berjalan cukup baik,” terang Yustina.

Sementara, juri perlombaan diambil dari para guru SMP dan SD, diantaranya, Kepala Sekolah SDI Watu Weri, Maximus Sehadun, S.Pd, Guru SMP Santo Stefanus Ketang, Herman Agung, S. Fil, dan Frater TOP di Paroki Rejeng.

Yustina menambahkan, sebelumnya, Jumat, 11 Juni 2021 lalu, PAUD Santa Maria Penolong Abadi Rejeng, mendapat apresiasi langsung dari Bunda PAUD Kabupaten Manggarai, Meldy Hagur Nabit, ketika menampilkan kreasi budaya Tarian Caci sebagai salah satu warisan asli budaya Manggarai pada kegiatan pembelajaran tentang Budaya Manggarai bagi anak-anak yang berlangsung di rumah Gendang Wakel, desa Bangka Lelak.

“Beliau sangat bangga sekali dan berharap dapat menjadi contoh bagi lembaga PAUD lainnya di kabupaten Manggarai agar mengenalkan budaya Manggarai kepada anak-anak sejak usia dini,” ujar Yustina mengutip pernyataan Bunda PAUD, Meldy Hagur Nabit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *