Pembelajaran Matematika Dimasa Pandemi, Unkriswina Sumba Lakukan Webinar

  • Bagikan


Laporan Mohamad Habibudin
Waingapu, SuaraKupang.com – Adaptasi penilaian pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba melakukan belajar melalui Webinar sesuai kebijakan pembelajaran daring atau belajar dari rumah (BDR).

“Adanya pandemi Covid-19 yang menyebar diseluruh Indonesia sejak tahun 2019 yang memiliki dampak cukup besar maka dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia dilakukan secara daring atau BDR,”ungkap Ketua pelaksana Pembelajaran daring Unkriswina Sumba Anggriati Lendu Ngaba, S.Pd, M.Pd.

Menurutnya, sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diatur dalam edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 maka pembelajaran mengakibatkan perubahan yang luar biasa.

“Ini seolah seluruh jenjang pendidikan dipaksa bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba untuk belajar dari rumah melalui media daring (online),”ujarnya.

Anggriati mengungkapkan, hal ini tentu tidaklah mudah karena blum sepenuhnya lembaga pendidikan siap dengan perubahan ini terutama bagi guru mata pelajaran matematika karena menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk merancang pembelajaran matematika secara online.

“Disini guru dituntut untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif , agar pembelajaran daring dapat terlaksana dengan maksimal,”ucapnya.

Kaprodi Pendidikan Matematika Mayun Erawati Nggaba, S.Pd, M.Pd menjelaskan, pembelajaran matematika melalui webiner menjadi salah satu aspek yang perlu disesuaikan selama masa pandemi. Oleh seba itu diperlukan pemikiran dan solusi yang bersifat inovatif yang dapat membantu pendidik agar beradaptasi dengan kondisi saat ini.

“Selama pembelajaran dimasa pandemi ini diharapkan agar tetap menghasilkan capaian pembelajaran yang berkualitas berdasarkan latar belakang sehingga Prodi Pendidikan Matematika (PMT) Unkriswina Sumba menyelenggarakan webiner nasional yang kedua dengan tema Adaptasi Penilaian Pembelajaran Matematika di masa pandemi menghasilkan berbagai pemikiran dan solusi yang inovatif berkaitan dengan permasalahan yang menjadi tema,”terang Mayun Erawati Kaprodi Pendidikan Matematika Unkriswina Sumba.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *