Pemkot Sulap Eks Kantor Kelurahan Mulyorejo Jadi Ruang Isolasi

  • Bagikan
Ruang isolasi yang disiapkan di Rumah Sehat eks Gedung Kelurahan Mulyorejo, Surabaya. (Foto: Istimewa)


Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan bekas Gedung Kantor Kelurahan Mulyorejo menjadi tempat isolasi atau rumah sehat sebagai tempat pelayanan warga sekitar yang terpapar Covid-19.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, ruang tersebut dimanfaatkan sebagai pengganti tempat perawatan di rumah untuk mencegah klaster di lingkungan keluarga.

“Selalu saya sampaikan bahwa setiap kelurahan itu harus ada tempat untuk rumah sehat dari Covid-19. Jadi istilahnya kalau di sini adalah Griya Mulyorejo Sehat. Jadi ketika di Kelurahan Mulyorejo ada warga tes rapid antigennya positif, maka dia bisa di Griya Mulyorejo Sehat,” kata Eri.

Tempat seperti ini dinilai sangat penting di tengah penyebaran berbagai varian Covid-19 yang sangat cepat. Berdasarkan data, kasus klaster keluarga mendominasi kasus di Surabaya.

“Ketika Covid-19 ini terjadi, jangan sampai ketika rumah tidak memenuhi syarat, maka akan muncul klaster keluarga. Itulah (warga yang sakit) yang kita ambil, sehingga semuanya bisa menjadi satu di sini (rumah sehat),” terangnya.

Tak hanya sekadar menyiapkan tempat, rumah sehat tersebut dilengkapi sarana prasarana pendukung agar warga yang menjalani pemulihan di rumah sehat itu tidak bosan. Seperti, fasilitas olahraga meja pingpong, bulu tangkis, hingga menghadirkan instruktur senam.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada camat, lurah, beserta seluruh elemen di Kelurahan Mulyorejo yang mendukung penyiapan rumah sehat ini.

Menurutnya, dalam penanganan Covid-19 ini pemerintah tidak bisa bergerak sendiri. Dukungan masyarakat dengan menaati aturan yang ada, kemudian mendukung program pemerintah, dan menerapkan protokol kesehatan menjadi sangat penting.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *