Pengunjung Upcara Pembukaan PON XX Papaua Lewati 4 Pemeriksaan

  • Bagikan
Seorang petugas melakukan pemeriksaan kepada pengunjung upacara pembukaan PON XX Papua. (Foto: Antara)


Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memberlakukan skrining ketat kepada pengunjung yang akan menyaksikan upacara pembukaan PON XX Papua  yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Maka itu, setiap pengunjung yang akan masuk ke area stadion tempat seremoni pembukaan PON XX Papua itu harus melalui empat lapis pemeriksaan keamanan.

“Untuk bisa mendapat undangan masuk ke stadion, pertama kita harus mendaftar secara online dulu di tiket.com atau website resmi PON XX Papua,” kata salah satu pengunjung, Irma Reyaan (31) yang ditemui di sekitar stadion, seperti dikutip dari Antara.

Warga Enterop, Kota Jayapura, itu mendaftar sejak Kamis 30 September via tiket.com dengan persyaratan sertifikat vaksinasi dosis kedua serta pendataan kartu identitas KTP.

Usai mendaftar, Irma memperoleh surat undangan yang dapat diunduh secara langsung untuk ditukarkan dengan gelang di lokasi penyelenggaraan pembukaan PON. Seluruh mekanisme pendaftaran dibuka secara gratis.

Khusus bagi pengunjung dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua, undangan diperoleh dari masing-masing kantor.

“Kita juga harus daftar online KTP dan kartu vaksin dua dosis. Kira-kira 1×24 jam kita baru dapat undangan dari PB PON Papua yang bisa diambil di Jalan Otonom Kota Raja, Kota Jayapura,” kata Ricky Kurniawan (30), seorang ASN di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemprov Papua.

Undangan tersebut kemudian dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk ditukar dengan gelang. “Proses penukaran undangan juga diverifikasi KTP dan kartu vaksin setelah itu dapat gelang,” katanya.

Gelang yang disediakan panitia terbagi atas dua jenis. Warna merah untuk pengunjung asal Kabupaten Jayapura dan gelang putih untuk pengunjung asal Kota Jayapura.

Pada bagian gelang terdapat kode batang yang akan discan panitia di pintu masuk untuk proses verifikasi kedatangan. Selain itu mereka juga diwajibkan menjalani tes suhu di pintu masuk.

Terdapat empat lajur antrean penonton untuk proses masuk. Setiap lajur antrean memiliki empat tahapan pemeriksaan. Pada pos pertama petugas memeriksa gelang serta barang terlarang. Pos kedua dilakukan pemeriksaan suhu.

Petugas berseragam TNI dan Polri juga memeriksa barang bawaan pengunjung menggunakan alat pendeteksi metal di pos tiga. Petugas di pos empat bertugas memindai kode batang yang tertera di gelang pengunjung.

Pembukaan PON XX Papua diagendakan berlangsung pukul 19.00 WIT yang menghadirkan acara hiburan musik, parade atlet, penampilan budaya hingga penyalaan kembang api.

Peresmian PON XX Papua dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *