Penyerahan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria

  • Bagikan
H. Thoriqul Haq, M.ML, Bupati Lumajang saat menyerahkan sertipikat secara simbolis (Foto : Humas-Kominfo Lumajang)


Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria Tahun 2021 di Peringitan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu 22 September 2021. Penyerahan secara simbolis juga dilakukan serentak di seluruh kantor pertanahan di seluruh Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui saluran video conference.

Dalam arahannya bupati mengapresiasi kinerja Kantor Pertanahan Lumajang yang telah membantu mempermudah pengurusan sertifikat tanah masyarakat Lumajang. Ia menjelaskan bahwa kini pengurusan sertifikat tanah jauh lebih mudah.

“Ini program yang luar biasa efektifnya karena masyarakat bisa merasakan dampaknya langsung, dulu mengurus sertifikat ruwetnya bukan main sekarang dipermudah,” ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa dalam pengurusan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Lumajang gratis. Namun dirinya memaklumi apabila ada biaya tambahan seperti pengadaan patok karena di luar pembiayaan sertifikat tanah oleh pemerintah.

Namun ia menegaskan bahwa biaya tambahan tersebut harus dijelaskan secara transparan kepada masyarakat.

“Saya tidak mempersoalkan apabila ada biaya tambahan karena ada yang harus dilengkapi seperti pengadaan patok atau pun administrasi seperti pembelian materai, karena itu butuh modal pembuatannya tapi harus disampaikan kepada masyarakat peruntukannya untuk apa itu penting,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lumajang, Ramlan menjelaskan bahwa tahun ini telah menyelesaikan 100 sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *