Persebaya Krisis Pemain Jelang Jamu PSIS, Pelatih Pakai Cadangan

  • Bagikan
Pelatih Persebaya, Aji Santoso. (Foto: Fariz Yarbo/ngopibareng.id)


Persebaya Surabaya mengalami masa krisis karena empat pemainnya dipanggil untuk bergabung dengan skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan tampil di babak playoff Piala Asia 2023 saat menghadapi PSIS Semarang, Minggu 3 September 2021. Empat pemain itu adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Krisis ini semakin parah dengan kondisi bek asing asal Inggris, Mohammed Alie Sesay yang sampai saat ini masih dalam pemulihan cedera hamstring pasca melawan PSS Sleman.

“Persiapan berjalan baik. Semua pemain dalam kondisi siap main. Kecuali empat pemain yang bergabung timnas Indonesia dan kemungkinan Alie Sesay belum tentu bisa main. Tetapi kami telah mempersiapkan alternatif-alternatif untuk mengatasi masalah ini (krisis pemain),” ujar Pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Aji mengaku, sangat dirugikan akibat empat pemain yang harus bergabung dengan Timnas. Sebab, saat ini Persebaya masih berjuang menjauh dari jurang degradasi. Mengingat dalam lima laga, Persebaya baru memenangkan dua pertandingan dan tiga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Menurutnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak siap menyikapi kondisi ketika banyak pemain dari tiap klub yang dipanggil Timnas untuk mengikuti ajang FIFA Match Day atau Piala Asia. Sehingga, ketika ada agenda besar tidak bertabrakan dengan jadwal liga.

Aji Santoso merasa kecewa dengan bentrokan jadwal tersebut, namun berupaya menyiapkan pemain alternatif bagi Persebaya sendiri. “Kalau diatur dengan baik, jadwal pasti tidak akan bentrok. Tetapi, ini saya hanya menyampaikan apa yang seharusnya terjadi. Kami sudah mempersiapkan pemain-pemain alternatif. Meski, jujur kekuatan (Persebaya) pasti akan sedikit tereduksi,” pungkasnya.

Khususnya yang paling sulit dicari adalah posisi kiper, sebab kiper utama Satria Tama sejak awal belum bisa tampil lantaran cedera. Kini, kiper kedua yakni Ernando harus bergabung dengan Timnas.

Otomatis tersisa dua pemain yang selama ini belum mendapat menit bermain di Liga 1 yakni David Ariyanto dan Andhika, yang hingga kini belum ditentukan siapa yang akan tampil.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *