Pertama kali, PLN Peduli Bedah Rumah Prajurit TNI Gunakan FABA

  • Bagikan


Peresmian Bedah Rumah Prajurit Sederhana Sehat Layak Huni dengan Produk FABA PLTU Ropa sebagai tindak lanjut MoU Panglima TNI dengan Direktur PLN
Maumere, SuaraKupang.com – General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Agustinus Jatmiko bersama Kepala Staf KOREM 161/Wira Sakti Kolonel Infrantri Jems Ratu Eko, Komandan Distrik Militer 1603 Sikka Letkol Inf Muhammad Jafar dan Komandan LANAL Maumere Kolonel Laut Pelaut Dwi Yoga meresmikan satu unit Bedah Rumah Prajurit Sederhana Sehat Layak Huni dengan Produk FABA (Fly Ash – Bottom Ash) PLTU Ropa dengan dana sebesar 180 juta rupiah pada tanggal 4 Oktober 2021 di asrama KODIM 1603 Sikka di kelurahan Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka.

Bedah rumah prajurit menggunakan pemanfaatan FABA merupakan Sinergi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan (TJSL) PLN dan dalam pelaksanaan bedah rumah prajurit, peserta pelatihan di Ende menjadi trainer atau pelatih bagi prajurit KODIM 1603 sehingga untuk bedah rumah prajurit atau pembangunan infrastrukur lainnya dengan produk FABA berikutnya, peserta dari KODIM 1603 sudah mandiri sekaligus menjadi trainer untuk prajurit lainnya, sehingga tenaga yang berkompetensi pemanfaatan produk FABA semakin banyak, terang General Manager PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko

Ditambahkannya, kehadiran PLTU Ropa di Ende saat ini tidak hanya memberi manfaat dalam memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat, tetap memberi manfaat lain diantaranya pemanfaatan FABA untuk pembangunan gereja St. Donatus Bhoanawa, pembangunan jalan lingkungan, dan jalan desa di Kabupaten Ende. Selain itu juga pembangunan sekolah Madraasah Ibtidaiyah dan gereja Paroki Patisomba di Kabupaten Sikka. Kehadiran PLN kini juga memberi manfaat lainnya membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan dan kenyamanan aktivitas masyarakat melalui bedah rumah sederhana sehat layak huni, pembangunan sarana umum seperti rumah ibadah, jalan desa, sekolah, dan sarana umum lainnya, baik untuk masyarakat di sekitar PLTU Ropa maupun di luar PLTU Ropa.

Jatmiko sampaikan, “Tahun ini, PLN telah menyalurkan dana TJSL kepada KODIM 1603 Sikka, oleh karena itu program bedah rumah prajurit dengan produk FABA tidak berhenti di sini, tetapi akan ada program bedah rumah prajurit berikutnya di lingkungan KODIM 1603 Sikka. Semoga kehadiran PLN semakin dirasakan manfaatnya, baik dalam pelayanan kelistrikan maupun pelayanan lainnya dari program CSR (Corporate Social Responsibility) dan program CSV (Corporate Share Value), terang Jatmiko.

Sementara itu, Komandan Resort Militer (DANREM) 161/Wirasakti Brigjen TNI W. R. Legowo diwakili oleh Kepala Staf KOREM 161/Wira Sakti Kolonel Infantri Jems Ratu Eko menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya atas wujud kepedulian dan dukungan PLN terhadap kesejahtraan prajurit KODIM 1603 bersama keluarga melalui bedah rumah prajurit KODIM 1603 Sikka. Kegiatan hari ini menjadi momentum bersejarah bagi TNI dimana menjelang ulang tahun ABRI ke 76 tanggal 05 Oktober 2021, telah dibangun satu unit rumah prajurit dengan produk FABA. Bedah rumah prajurit ini menjadi contoh yang baik untuk program bedah rumah prajurit selanjutnya. Bedah rumah prajurit dan pembangunan infrastruktur pemerintah lainnya dengan memanfaatkan produk FABA menghadirkan manfaat antara lain terkelolanya pemanfaatan FABA dan meningkatkan asset negara. Semoga sinergi PLN dan TNI dalam melayani masyarakat melalui tugas masing-masing untuk pembangunan tetap terjaga dan semua pihak mendapat manfaat yang baik dari sinergi yang terjalin, ujar Legowo Jatmiko.

Ditambahkannya, bedah rumah dengan produk FABA di KODIM 1603 Sikka ini merupakan suatu terobosan yang inovatif sehingga perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan karena sangat berdampak positif dalam menjaga kelangsungan lingkungan hidup dan bermanfaat bagi kesejahtraan masyarakat. Dengan adanya dukungan bedah rumah prajurit dari PT PLN (Persero), saya berharap akan semakin memotivasi peningkatan kesejahteraan dan kinerja serta pengabdian para prajurit KODIM 1603 Sikka. Kepada prajurit yang telah dibedah rumahnya, saya mengucapkan selamat menempatinya, agar menjaga, memelihara dan merawatnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas. Kerjasama dan kekompakan yang telah terjalin dengan PT PLN (Persero) harus terus dijaga, ditingkatkan dan saling mendukung. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai, menuntun dan memelihara, melindungi segala karya pengabdian kita kepada masyarakat dan daerah yang kita cintai ini, ucap Legowo Jatmiko.

Serda Mathias Kego Mooy usia 52 tahun, penerima manfaat rumah yang dibedah menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada PT PLN atas wujud kepeduliannya telah membedah rumah dinas saya dengan produk FABA. Dengan adanya rumah ini sangat membantu saya bersama keluarga yang akan tinggal di rumah ini lebih nyaman dalam beraktivitas. Semoga PLN akan terus membantu membedah juga rumah prajurit lainnya dengan produk FABA sehingga kebermanfaatan PLN bagi kami lebih banyak dinikmati oleh prajurit KODIM 1603 Sikka dan kesatuan lainnya, ujar Mathias.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *