Pertumbuhan Ekonomi Lebih Tinggi Dari Perkiraan Awal

  • Bagikan


SuaraKupang.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ((Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM di Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan optimistis pertumbuhan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19 akan pulih di triwulan IV tahun 2021.

“Kami memperkirakan pemulihan ekonomi baru sepenuhnya akan terlihat pada triwulan IV sehingga pertumbuhan ekonomi dapat lebih tinggi dari 5% pada triwulan 4 nanti,” katanya, melaui keterangan pers, Senin (08/11/2021).

Menurut Luhut, keyakinannya itu dikarenakan adanya keberhasilan dalam menahan laju pertumbuhan kasus Covid-19 dengan cepat serta adanya pembukaan kegiatan ekonomi yang dilakukan secara bertahap, sehingga mampu menahan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

“Realisasi pertumbuhan ekonomi pada triwulan III sebesar 3,85% lebih tinggi dari perkiraan awal kami sebelum PPKM diterapkan,” terangnya.

Selain itu, Luhut melihat dampak PPKM Jawa-Bali terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga, investasi dan industri pengolahan lebih rendah dibandingkan dengan periode PSBB serta pulih lebih cepat.

“Momentum pemulihan ekonomi yang sudah cukup baik harus kita jaga,” imbuhnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, ungkap Luhut, sebelumnya, kenaikan kasus akibat periode libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu telah menyebabkan tingkat keyakinan konsumen dan pertumbuhan ekonomi triwulan I/2021 menurun.

“Untuk itu kehati-hatian menghadapi Natal dan Tahun Baru harus menjadi prioritas bagi pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Ini perlu kita perhatikan,” pungkasnya.


Photo Credit : Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan. ANTARA

 

Ishwari Kyandra
Latest posts by Ishwari Kyandra (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *