Pesawat Rusia Jatuh di Hutan, Empat Tewas

  • Bagikan
Pesawat Rusia itu. (Foto: Istimewa)


Sebuah pesawat dikabarkan jatuh di hutan saat akan melakukan pendaratan darurat di Siberia, Rusia. Kejadian ini menewaskan setidaknya empat orang penumpang.

Pesawat nahas itu adalah Let L-410 Turbolet. Demikian dilansir Reuters, Senin 13 September 2021.

Pesawat itu lepas landas dari Irkutsk dan jatuh empat kilometer sebelum sampai tujuan di Desa Kazachinkoye. Menurut laporan, pesawat dengan mesin ganda baling-baling buatan Let Kunovice, Republik Ceko, itu mengalami kerusakan ketika mengudara.

Kondisi itu membuat kedua awak melapor ke menara pengawas terdekat dan terpaksa mendarat darurat dan akhirnya jatuh di hutan. Sejumlah media massa melaporkan 11 penumpang terjebak setelah pesawat itu jatuh.

Para penduduk dan tim penyelamat lantas melakukan evakuasi melalui sungai pada malam hari waktu setempat.

Kabar Duka dari Rusia

Sebelumnya, kabar duka datang dari Menteri Kedaruratan Rusia, yakni Yevgeny Ziniche, yang meninggal dunia pada Rabu 8 September 2021.

Meninggalnya Yevgeny Ziniche diduga berusaha menyelamatkan seorang kamerawan yang terpeleset dan jatuh ke laut, saat sedang menjalani latihan militer dan pertahanan sipil strategis di wilayah Arktik.

“Menteri Zinichev meninggal secara tragis ketika melaksanakan tugas resmi kenegaraan, menyelamatkan nyawa orang lain pada latihan intra-departemen untuk melindungi wilayah Arktik dari situasi kedaruratan di Norilsk,” ungkap Kementerian Kedaruratan Rusia, dikutip dari The Moscow Times.

Kepala editor kantor berita RT juga menjelaskan bahwa Zinichev saat itu berusaha untuk menyelamatkan kamerawan tersebut dengan melompat ke dalam air. Namun, saat melompat ia justru mendarat di atas sebuah batu yang menonjol.

“Banyak saksi mata di lokasi kejadian, tetapi tidak ada satu pun yang menyadari apa yang terjadi, ketika Zinichev melompat ke dalam air untuk menyelamatkan pria yang jatuh itu, dan mendarat di atas sebuah batu yang menonjol,” jelas Simonyan.

Sementara diketahui pula jika kamerawan yang ikut menjadi kru dalam proses pelatihan tersebut juga tewas dalam insiden tragis itu.

Menteri Kedaruratan

Zinichev menjabat sebagai Menteri Kedaruratan sejak tahun 2018 silam, bersamaan dengan kemenangan kembali Presiden Vladimir Putin.

Ia memulai sepak terjangnya di pemerintahan sebagai pejabat KGB (Komite Keamanan Negara Rusia) pada akhir tahun 1980-an. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Lembaga Keamanan Federal (FSB), selepas runtuhnya Uni Soviet.

Zinichev sendiri juga merupakan anggota dari tim keamanan Putin sepanjang tahun 2006-2015.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *