Pesta Adat Pasola, Polres Sumba Timur Terjunkan BKO ke Wanokaka

  • Bagikan


Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, SuaraKupang.com, Dalam rangka pelaksanaan pesta adat Pasola, Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Sumba Timur menerjunkan Bantuan Kekuatan Operasi (BKO) untuk pengamanan kegiatan di Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K Jumat (5/3/2021) mengatakan, pihaknya telah menerjunkan Bantuan Kekuatan Operasi (BKO) sebanyak 30 personil anggota Polres Sumba Timur untuk pengamanan pesta adat Pasola di Wanokaka.

“Ada sebanyak 30 personil BKO Polres Sumba Timur yang diterjunkan ke Wanokaka, Sumba Barat untuk diperbantukan selama kegiatan pesta adat Pasola,”kata AKBP Handrio.

Ia menjelaskan, tujuan BKO ke Sumba Barat untuk mengantispasi gejolak selama pelaksanaan pesta adat Pasola Wanokaka seperti adanya kericuhan dengan melakukan pelemparan terhadap para pengunjung maupun pejabat pemerintah yang berada dilokasi.

“Saat ini situasi pesta adat Pasola lagi gejolak karena terjadi pelemparan kendaraan pemerintah maupun polisi namun sudah diamankan dan beberapa orang sudah diamankan,”jelasnya.

Pesta Adat Pasola, Polres Sumba Timur Terjunkan BKO ke Wanokaka

AKBP Handrio menyampaikan, terkait pengamanan BKO Sumba Timur terus berkoordinasi dengan anggota Polres Sumba Barat untuk menentukan posisi lokasi pengamanan sesuai dengan anggota yang bertugas diwilayah itu.

“Saya minta kepada BKO Polres Sumba Timur sesampainya di Sumba Barat rekan-rekan langsung melaporkan diri dan sesuaikan dengan yang bertugas di Sumba Barat,”harapnya.

AKBP Handrio menambahkan, dalam melaksanakan tugas BKO terapkan buddy system dalam pengamanan yang harus diperhatikan tidak boleh jalan sendiri minimal harus lebih dari satu orang dalam penindakan bukan keinginan sendiri tetapi harus berdasarkan perintah dan perkembangan situasi.

Adapun setelah melakukan pelepasan BKO Polres Sumba Timur dengan menggunakan 2 unit mobil patroli Satsabhara, 1 unit truk Dalmas dan 1 unit truk Box Polres Sumba Timur yang dilepas Kapolres Sumba Timur bersama pejabat utama Polres Sumba Timur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *