Pilkades Serentak Banyuwangi, Polisi Terjunkan 319 Personil

Kabag Ops Polresta Banyuwangi Kompol Agung Setyo Budi (foto:Muh Hujaini /Ngopibareng.id)

[ad_1]

Polresta Banyuwangi telah menyiapkan pola pengamanan untuk mengamankan gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 8 desa, per 17 November 2021. Pengamanan ini melibatkan ratusan personil Polresta Banyuwangi dengan total 319 personil. Jumlah ini menurut Agung belum termasuk personil TNI.

“Pola pengamanan 1-1-2 yakni satu TPS satu anggota Polri dan dua Linmas,” jelas Kabag Ops Polrest Banyuwangi Kompol Agung Setya Budi.

Dia menambahkan, dalam Pilkades Serentak yang berlangsung di Desa Kedunggebang, Kecamatan Tegaldlimo; Desa/Kecamatan Gambiran; Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu; Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung; Desa Sumbersari, Kecamatan Srono; Desa Sumberanyar, Kecamatan Wongsorejo; serta Desa Jelun dan Desa Licin, Kecamatan Licin, akan dilengkapi dengan 103 TPS.

Selain personil yang ditempatkan di sekitar TPS, pelaksanaan pengamanan Pilkades ini juga disiapkan back up sebanyak 10 personil di setiap desa. “Jadi nanti yang mengatur adalah rekan-rekan Kapolsek. Kaposek juga ananti akan di back up 2 orang Pawas (perwira Pengawas) di masing-masing Kecamatan,” tegasnya.

Selain itu, Polresta Banyuwangi juga menyiapkan satu kompi personil untuk melakukan patroli dan stand by. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan kompi ini akan bergeser ke lokasi yang membutuhkan.

Agung menambahkan, pihaknya sudah melakukan pemetaaan pada seluruh TPS dalam Pilkades Serentak ini. Dari hasil pemetaan tersebut, menurutnya, tidak ada TPS yang masuk kategori rawan. “Hasil pemetaan, TPS aman. Tidak ada potensi kerawanan,” tegasnya.

Para personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkades serentak ini, lanjutnya, akan diberangkatkan pada H-1 pelaksanaan Pilkades. Sehingga personil akan digeser  ke lokasi yang sudah diploting pada 16 November 2021. Mereka akan melakukan pengamanan selama 3 hari yakni 16,17 dan 18 November 2021.

“16 November sudah masuk, 17 November pelaksanaan, 18 mengakhiri setelah selesai Pilkades. Yang BKO (personil dari Polresta Banyuwangi) kita tarik. Untuk rekan yang dari Polsek tetap stand by di sana,” pungkasnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *