Pipa PDAM Kota Malang Putus, Aliran Air Macet Dua Hari Ke Depan

  • Bagikan
Lokasi pipa transmisi PDAM Kota Malang yang tertimbun runtuhan material banjir (Foto: Istimewa)


Jaringan pipa transmisi milik Perumda Tugu Tirta Kota Malang di daerah Sengkaling putus akibat terdampak banjir kiriman dari Kota Batu. Saat ini kata Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang, Nor Muhlas, pihaknya sedang melakukan evakuasi terhadap pipa transmisi yang tertimbun runtuhan pohon tersebut.

“Saat ini kami sedang proses evakuasi pasca banjir, dengan mengerahkan beberapa alat berat,” ujarnya pada Jumat, 5 November 2021.

Karena beberapa pipa transmisi yang tertimbun tersebut membutuhkan evakuasi yang cukup lama. Muhlas mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk membuat transmisi dengan pipa sementara.

“Kalau kami hanya fokus pada pipa-pipa eksisting yang tertimbun, maka butuh waktu yang lama. Sehingga kami buatkan pipa sementara, maka kami lakukan bypass saja,” katanya.

Muhlas mengatakan, bahwa pipa transmisi yang dibutuhkan tersebut sepanjang 40 meter. Saat ini suku cadang pipa sementara tersebut sedang dalam pemesanan dan diharapkan datang secepatnya.

“Kalau semua suku cadang yang kami butuhkan ada, seperti persediaan pipa sesuai dengan ukuran. Kalau semua sudah siap, jadinya paling lama kemungkinan dua hari,” ujarnya.

Akibat jaringan pipa transmisi yang putus tersebut, beberapa daerah di Kota Malang tidak teraliri air. Seperti kawasan Tunggulwulung, Merjosari, Dinoyo hingga Tlogomas.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *