PKKMB FISIP UB, Ganjar Sebut Waktu Mahasiswa Sering Demo

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menyampaikan materi di acara PKKMB FISIP UB (Foto: Istimewa)


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan pada saat masih menjadi mahasiswa dulu ia sering melakukan demonstrasi. Bahkan karena senang berdemonstrasi Ganjar sampai lupa masuk kuliah.

“Saya kalau diajak demo itu senang banget, diajak diskusi itu senang banget pokoknya bahkan saking senangnya jadi kadang-kadang lupa kuliah,” ujarnya saat mengisi materi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Brawijaya (PKKMB) FISIP UB pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Ganjar sendiri memulai kuliah Strata-1 (S1) di Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pada saat mahasiswa kata dia, banyak organisasi internal maupun eksternal kampus yang diikuti.

Salah satunya ujar Ganjar yaitu organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dengan berorganisasi kata Ganjar, mahasiswa akan mengasah kepekaan sosial mereka.

“Jadi saat itu terjadilah pengenalan-pengenalan yaitu mengasah kepekaan membangun karakter. Jadi kita harus mengasah kepekaan. Kalau kita tidak mengasah kepekaan nanti kita menjadi pekok (dungu),” katanya.

Ganjar mengatakan ia mulai masuk bangku perkuliahan pada 1987 silam. Pada masa itu kata dia rezim tidak ramah terhadap kebebasan berpendapat mahasiswa melalui demonstrasi.

“Waktu itu kami sampai dikejar oleh tentara. Namun di situlah kami diasah bagaimana harus menggabungkan knowledge, skill, atittude jadi problem solver dan decision maker kita diuji,” ujarnya.

Maka dari itu ujar Ganjar, saat memasuki status menjadi mahasiswa harus sering-sering terjun ke masyarakat agar bisa memecahkan permasalahan sosial yang ada.

“Jadi untuk membangun karakter saya rekomendasi anda ikut organisasi mahasiswa ekstra kampus. Anda ikuti aja. anda belajar sekali-kali ke masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui Ganjar Pranowo menjadi salah satu pemateri dalam acara PKKMB FISIP UB selain Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Adapun tema yang diambil dalam PKKMB FISIP UB tersebut yaitu ‘Membangun Karakter Mahasiswa Berprestasi Dalam Upaya Membangun Untuk Negeri’. Acara tersebut digelar secara virtual dengan jumlah mahasiswa baru FISIP UB sebanyak 1.242 orang.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *