PLN UPK Flores dan DLH Kabupaten Sikka Tanam 2.000 Anakan Mangrove

  • Bagikan


Penanaman Mangrove bersama masyarakat untuk Konservasi Mangrove Pesisir Pantai di Desa Darat Pantai KecamatanTalibura tanggal 07 Oktober 2021
Maumere, SuaraKupang.com – Guna mendukung Penghijauan, PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Flores melakukan penanaman Mangrove bersama DLH Kabupaten Sikka kolaborasi dan Masyarakat Tanam 2.000 Anakan Mangrove sebagai wujud kepedulian melindungi lingkungan hidup di Desa Darat Pantai Kecamatan Talibura pada tanggal 07 Oktober 2021.

Manager PLN UPK Flores Lambok Siregar menyampaikan, “PLN turut berpartisipasi dalam rangka peduli mangrove untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan hidup. Ini merupakan upaya menumbuhkan kesadaran sekaligus membudayakan gemar menanam dan memelihara pohon, semoga dengan adanya sinergitas dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ekowisata mangrove” terang Lambok

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sikka Silvester Saka mengatakan, “Terima kasih atas kepedulian PLN terhadap kelestarian lingkungan hidup melalui bantuan penanaman mangrove. Dengan bantuan tersebut, maka kehadirannya akan memberi manfaat untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain itu, akan menjadi tempat tinggal makhluk hidup air seperti udang, ikan, kepiting dan biota air lainnya, selain itu juga menjadi tempat tinggal burung-burung di pohon mangrove”ungkapnya.

Ditambahkannya, hasil penanaman mangrove hari ini agar dirawat dan dimonitor oleh masyarakat untuk memastikan anakan bertumbuh dan bila ada yang tidak tumbuh agar diganti. Kami akan melaporkan kegiatan hari ini kepada Bupati dan kami akan berkunjung untuk melihat hasil kegiatan hari ini, lanjut Silvester.

Sementara itu, Kepala Desa Pantai Darat Emanuel Nong Edi merasa senang atas kepedulian PLN dan DLH Kabupaten Sikka dalam turut menjaga daerah pesisir pantai dengan melakukan penanaman Mangrove bersama kami. Penanaman mangrove ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam dan akan menjadi potensi tempat wisata untuk masyarakat sekitar maupun masyarakat dari luar. Semoga progam ini bisa dilakukan lagi di waktu yang akan datang karena masih banyak daerah pesisir pantai yang perlu ditanam mangrove untuk menjaga kelestarian daerah pesisir pantai, dan banyak Terima kasih kepada PLN yang terus memberi manfaat bagi kami melalui penyediaan energi listrik, bantuan pembangunan sekolah di wilayah kami sehingga anak-anak lebih nyaman belajar, dan penanaman mangrove hari ini. Semoga PLN terus bertumbuh, dan kehadirannya lebih lagi memberi manfaat, ujar Emanuel.

Senada dengan hal itu, ketua kelompok Kembang Bakau desa Pantai Darat Mustamil turut menyampaikan terima kasih kepada PLN dan DLH yang telah memberikan kepercayaan kepada kelompoknya untuk mengelola sumber daya alam melalui kegiatan penanaman mangrove. Terima kasih atas partisipasinya untuk turut mengambil bagian dalam kegiatan penanaman mangrove hari ini untuk menjaga kelestarian pesisir pantai. Harapan kami, semoga kegiatan penanaman mangrove tidak hanya saat ini, tetapi akan berlanjut pada waktu yang akan datang, karena kegiatan ini akan mengurangi abrasi pantai yang terjadi di desa kami, pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *