PMI Dorong Pembangunan Rumah Tahan Gempa secara Nasional

  • Bagikan
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Markas PMI Pusat Arifin M Hadi menyerahkan buku panduan rumah tahan gempa kepada Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)


Palang Merah Indonesia (PMI) mendorong pembuatan rumah dengan mengacu pada model rumah tahan gempa atau retrofitting. Bagi pelaku pengembang perumahan, rumah tahan gempa ini dapat memberi nilai tambah sehingga akan mendongkrak harga dan juga nilai penjualan.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas PMI Pusat, Arifin M. Hadi berharap penerapan rumah tahan gempa dengan sistem retrofitting ini bisa menjadi kebijakan tingkat nasional. Oleh karena itu, PMI akan membahas penerapan retrofitting ini dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Bagaimana ini (retrofitting) bisa diteruskan secara nasional,” tegasnya saat meresmikan rumah tahan gempa dengan sistem rertrofitting di Banyuwangi, Selasa, 25 Mei 2021.

Arifin M. Hadi menambahkan  prinsip dasar retrofitting ini adalah menguatkan kerangkanya, dindingnya. Selain itu atapnya juga tidak terlalu berat. Untuk rumah yang sudah jadi akan dikaji lebih dahulu kondisi rumah masing-masing. Dia berharap, ke depan rumah itu dibangun agar kuat dan tahan gempa sejak awal.

“Tapi yang sudah terlanjur bangun rumah ya dikuatkan. Mana yang belum kuat dikuatkan,” tegasnya.

Yang tidak kalah penting, menurut Arifin M. Hadi, butuh pelatihan retrofitting bagi tukang bangunan. Tukang-tukang bangunan juga harus dlatih bagaimana retrofitting itu dilakukan. PMI sendiri memiliki banyak dukungan dari banyak donatur. Karena PMI dekat dengan pemerintah dan juga bisa menggerakkan warga sehingga kita menjadi fasilitator untuk menggerakkan upaya retrofitting ini.

“Agar bisa diterima baik di masyarakat maupun  pemerintah,” tegas Arifin M. Hadi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua 1 PMI Banyuwangi, Nurhadi, mendorong asosiasi konstruksi dan pengembang perumahan mulai membuat rumah dengan model retrofitting yang aman dari gempa bumi. Dengan menerapkan retrofitting akan memberi nilai tambah dan mendongkrak penjualan.

“Ini akan menambah nilai jual rumah itu. Rumah model ini kan aman sehingga penghuninya nyaman tinggal di dalam rumah,” ujarnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *