Presiden Jokowi Kurban Sapi Limousin 1,2 Ton di Masjid Al Akbar

  • Bagikan
Sapi milik Presiden Jokowi tiba di Masjid Nasional Al Akbar (Foto: Humas Masjid Al Akbar)


Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menerima hewan kurban jenis sapi Limosin dari Presiden Jokowi. Hewan kurban tersebut tiba pada Minggu, 18 Juli 2021 yang rencana akan disembelih pada H+1 Hari Raya Idul Adha 2021.

Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Helmy Muhammad Noor mengatakan, hewan kurban dari Presiden Jokowi ini dibeli dari seorang peternak bernama Dandy Narindra Prabowo.

“Sapi dibeli dari peternak asal Desa Sukapura Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo,” kata Helmy, Senin, 19 Juli 2021.

Sapi Limousin itu memiliki berat 1.242 kilogram atau lebih dari 1,2 ton dengan lingkar dada 235 centimeter, panjang badan 194 centimeter, tinggi 154 centimeter dan lebar pinggul 71 centimeter.

Sapi-sapi itu sementara dirawat dan dijaga oleh 6 petugas khusus. “Secara bergantian mereka akan menjaga sapi selama 24 jam. Tugasnya bagaimana sapi merasa nyaman dan bahagia sebelum disembelih,” jelasnya.

Tak hanya Presiden Jokowi, muspida Jatim juga ikut berkurban. Diantaranya Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, wakil gubernur, sekdaprov, Kajati, dan Ketua Pengadilan Tinggi.

Menurut Helmy, sapi-sapi tersebut tidak akan mengalami stres di Masjid Nasional Al-Akbar. Sebab, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak banyak masyarakat yang datang melihat. “Selama PPKM Darurat pintu gerbang masjid ditutup total,” jelasnya.

Saat ditanya terkait gelaran shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar, Helmi mengatakan, tetap menyelenggarakan Shalat Ied, namunhanya diikuti para pengurus saja.

“Kalau internal masjid tetap menyelenggarakan shalat Ied. Tapi kalau umum kita gak menyelenggarakan,” kata Helmi.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *