Pria Tendang Sesajen di Semeru Lumajang, ini Kata Khofifah

Video pria merusak sesajen di wilayah terdampak bencana erupsi Semeru di Lumajang, mendapat respon dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: beritasatu)

[ad_1]

Viralnya video pria merusak sesajen di wilayah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, mendapat respon dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Ia menyerukan agar warganya saling menghormati keragaman adat dan budaya masing-masing.

Hormati Perbedaan

Khofifah meminta agar warganya harus saling menghormati. Sebab Indonesia memiliki adat, budaya, suku, dan agama yang beragam.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan era Gus Dur itu menekankan perlunya sikap teliti dan hati-hati ketika menyampaikan hal tertentu, agar tidak menyinggung adat atau budaya tertentu.

“Sehingga melakukan hal yang mungkin bisa menyinggung suku, budaya dan adat tertentu. Sekali lagi, lebih baik tabayyun, tanya ke masyarakat dulu,” kata Khofifah, dikutip dari beritasatu.com, Selasa 11 Januari 2022.

Ancaman Penjara 4 Tahun

Diketahui, video berisi sosok pria menendang sesajen di Supit Urang, Lumajang, viral di media sosial. Polisi kini memburu pelaku di dalam video tersebut, dan mengenali tindakan tersebut sebagai intoleransi.

GP Ansor pun telah melayangkan laporan resmi kepada aparat kepolisian terkait aksi tendang sesaji di Lumajang itu.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno menyebut pelaku dijerat Pasal 156 KUHP, tentang Ujaran Kebencian dan Penghinaan terhadap Suatu Golongan. “Ancamannya penjara empat tahun,” katanya.

Selain pelaku yang merusak sesajen, penyebar video juga terancam UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. “Ancaman hukumannya penjara enam tahun dan atau denda paling banyak 1 miliar,” imbuhnya.

Identitas Pelaku

Seperti diberitakan sebelumnya, video tentang sosok pria menendang sesajen di wilayah terdampak erupsi Semeru, viral di media sosial.

Polisi kini sedang mencari pelaku yang disebut memiliki inisial HF. Dalam video terlihat jika sosok pria tersebut menendang dan membuang sesajen berisi hasil bumi yang dibuat warga setempat.

“Ini yang membuat murka Allah. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah, hingga Allah menurunkan azabnya. Allahu Akbar,” kata pria di dalam video, sambil menendang dan membuang sesajen di dalam baskom plastik.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.