Tak Berkategori  

Protes Masal Berlangsung di luar Parlemen Polandia Saat Peralihan Kekuasaan Berlangsung

Presiden Polandia, Andrzej Duda, pada Kamis (11/1), mengatakan bahwa ia telah memulai proses untuk memberi pengampunan kepada dua politisi yang ditangkap pada awal minggu ini di tengah konfrontasi sengit antara pemerintahan sentris baru dan kubu konservatif yang lama.

Perkembangan tersebut datang ketika puluhan ribu orang dengan poster anti-pemerintah dan bendera putih merah Polandia berkumpul untuk melancarkan protes di gedung parlemen di Warsawa.

Demonstrasi itu digelar oleh partai yang berkuasa sebelumnya, Partai Hukum dan Keadilan, yang berkuasa selama 8 tahun sampai bulan lalu dan terkait erat dengan Presiden Andrzej Duda.

“Ini tidak akan berakhir dengan demonstrasi hari ini saja, kami akan terus berdemonstrasi sampai hukum ditegakkan. Saat ini tidak ada penegakan hukum,” kata Jersy Menderski, seorang demonstran dari Kota Sopot.

Partai Hukum dan Keadilan, yang masih gusar dengan kekalahannya dalam pemilihan parlemen pada Oktober lalu, menyerukan pendukungnya untuk memprotes langkah pemerintah baru yang bermaksud mengambil alih kendali atas media pemerintah.

Protes juga berlangsung menentang penahanan dua anggota partai senior pada Selasa (9/1) lalu yang duduk dalam pemerintahan sebelumnya, yaitu mantan menteri dalam negeri Mariusz Kaminski dan deputinya Maciej Wasik. Mandat parlemen dan kekebalan mereka juga dibatalkan. [jm/lt]

Sumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *