Restrukturisasi Berlanjut, PT PIS Ambil Alih Saham PT Peteka Karya Tirta

  • Bagikan


Jakarta, SuaraKupang.com – PT Pertamina International Shipping (PIS) telah bertransformasi dari Subholding Shipping menjadi Subholding Integrated Marine & Logistics. Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), PIS melakukan pengambilalihan seluruh saham milik PT Pertamina (Persero) pada PT Peteka Karya Tirta. Penyerahan seluruh saham tersebut dijadikan sebagai penyertaan modal PT Pertamina (Persero) pada Perseroan.

“Persetujuan pengambilalihan saham Peteka Karya Tirta oleh PIS merupakan suatu langkah positif dan dukungan terhadap adanya restrukturisasi dan transformasi PIS menjadi subholding integrated marine & logistics, hal ini membuat PIS memiliki keleluasaan untuk mengelola aset oleh Pertamina” kata Direktur Utama Pertamina International Shipping, Erry Widiastono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (8/10).

Adanya pengambilalihan saham ini menyebabkan PIS menjadi pemegang saham mayoritas atau memiliki pengendalian langsung pada PT Peteka Karya Tirta.

“Pengambilalihan saham PKT oleh PIS merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan value perusahaan dalam hal ini Pertamina International Shipping (PIS) yang sudah bertransfromasi menjadi subholding integrated marine & logistics, saya berharap PIS dapat meningkatkan profitability perusahaan melalui pengoptimalisasian kinerja, baik dari segi kinerja operasional kapal maupun pengelolaan 6 terminal strategis,” kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Pada Q3 tahun 2021, PIS yang saat ini menjadi Subholding Integrated Marine Logistics telah berhasil menorehkan beberapa pencapaian dari sisi kinerja operasional kapal, hal tersebut tidak terlepas dari beberapa upaya strategis yang dilakukan seperti perubahan mindset, perubahan prosedur dan cara kerja, optimalisasi support system serta continuous improvement dalam memberikan nilai tambah Kapal Milik dengan menerapkan Best Practice dalam Ship Management dan mekanisme Benchmarking dengan external Ship Management. Sedangkan, untuk mengoptimalisasikan pengelolaan 6 terminal strategis, Management PIS akan secara rutin melakukan kunjungan kerja ke 6 terminal tersebut untuk memastikan proyek strategis berjalan sesuai rencana dan memberikan masukan perbaikan dalam kegiatan operasional di lapangan sebagai bentuk pengawasan dan pendampingan oleh management perusahaan.

“Dengan adanya kegiatan pengambilalihan saham ini PIS telah memiliki perencanaan untuk pengelolaan dan pengembangan bisnis pengembangan bisnis yang terintegrasi bagi Pertamina Internasional Shipping ke depan melalui optimalisasi pengelolaan bisnis di multi sektor baik Transportasi, Logistik, dan Storage membuat PIS terus berkembang dengan meningkatkan kehandalan sarana dan fasilitas serta aspek managerial untuk dapat melayani Subholding (SH) lainnya dari Hulu sampai ke Hilir juga pasar non Pertamina termasuk pasar regional,” jelas Erry.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *