RM BTS Pecah Rekor Hak Cipta Lagu Terbanyak

  • Bagikan
RM BTS, ido K-Pop yang banyak menciptakan lagu untuk grupnya. (Foto: Istimewa)


Korean Music Copyright Association (KOMCA) atau Asosiasi Hak Cipta Musik Korea mencatat bahwa RM BTS merupakan artis termuda di Korea Selatan dengan hak cipta lagu terbanyak. Tak hanya itu, KOMCA juga menobatkan RM BTS sebagai artis dengan hak cipta lagu terbanyak kedua di Korea Selatan.

RM BTS memiliki 176 karya yang mencantumkan namanya. Hal itu ia capai di usia yang masih muda yakni 26 tahun. RM hanya terpaut 21 karya dari pemilik kredit lagu terbanyak yakni Ravi VIXX dengan 197 lagu. RM bersaing ketat dengan pendidi agensi P Nation, PSY yang sama-sama memiliki 176 kredit. Urutan selanjutnya ditempati G-Dragon BIGBANG dengan 174 kredit lagu.

Pencapaian ini sontak membuat ARMY, sebutan untuk fan BTS beramai-ramai memberi ucapan selamat kepada RM. Salah satunya dengan membuat tagar #RM176KOMCA.

“Artis Korea kedua dengan kredit lagu terbanyak dan yang termuda! sangat bangga padamu joonie. SELAMAT NAMJOON. #RM176KOMCA. @BTS_twt,” tulis salah satu akun.

“Selamat namjoon karena memiliki 176 lagu dengan namanya ITU GILA. SELAMAT NAMJOON.#RM176KOMCA. @BTS_twt,” tulis akun lain.

Profil RM BTS

RM BTS menjadi artis ketiga dengan kredit lagu paling banyak yang tercatat di KOMCA. RM akhirnya menambah kembali jumlah lagu yang mencantumkan namanya lewat single Butter yang baru dirilis pada 21 Mei 2021.

Selai lagu Butter, RM juga sering ambil bagian dalam menciptakan lagu-lagu untuk BTS, di antaranya lagu No More Dream, I Like it!, Attack on Bangtan, Boy in Luv, N.O, Just One Day dan masih banyak lain.

Tak hanya untuk BTS, RM juga sering berpartisipasi dalam pembuatan lagu solo rekan grupnya. Mulai dari Serendipity yang dibawakan Jimin BTS, Abyss dari Jin BTS hingga Euphoria yang dinyanyikan Jungkook BTS.

Selain lagu untuk BTS, nama RM juga tercatat di sejumlah lagu dari beberapa artis lain seperti TXT lewat lagu 0X1=LOVESONG (I Know I Love You). Lagu tersebut dibuat RM bersama musisi lain yakni pH-1, Woodie Gochild, dan Seori.

Baru-baru ini, BTS telah meluncurkan video musik single terbaru mereka berjudul Permission To Dance. Lagu berbahasa Inggris ketiga BTS tersebut melibatkan Ed Sheeran sebagai penulis liriknya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *