RSUD Dr Soetomo Gunakan Kontainer untuk Ruang Pasien Covid-19

  • Bagikan
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa meninjau ruang perawatan pasien Covid-19 menggunakan kontainer di RSUD Dr Soetomo. (Foto: Istimewa)


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, menambah ruang perawatan pasien Covid-19 menggunakan kontainer. Hal tersebut merupakan jalan keluar atas banyaknya pasien yang masuk. 

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kontainer yang diletakan di halaman RSUD dr. Soetomo tersebut dimodifikasi hingga bisa difungsikan untuk merawat pasien Covid-19. 

“Ini kontainer di halaman RSUD dr Soetomo Surabaya yg siang ini mulai diisi pasien covid-19 kondisi gejala sedang lengkap dengan HEPA filter portable,” kata Khofifah, Minggu, 11 Juli 2021.

HEPA filter atau high efficiency particulate air, yang dimaksud Khofifah adalah alat penyaring udara, yang bisa menyaring hingga 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri dan partikel udara berukuran 0,3 mikron.

Filter tersebut berguna untuk menyaring udara dan membersihkan permukaan dari debu, hingga partikel-partikel yang dapat memicu alergi, termasuk mengurangi risiko paparan Covid-19 melalui aerosol. 

Khofifah mengungkapkan, kontainer yang disumbang oleh seorang donatur tersebut berjumlah lima unit. Satu unit kontainer dapat menambung sekitar lima orang pasien Covid-19. Dengan tersedianya konstainer perawatan tersebut, Khofifah pun berharap agar tidak ada lagi antrean pasien Covid-19 yang menunggu untuk dirawat di IGD RSUD Dr Soetomo.

“Hari ini telah siap lima kontainer bantuan dermawan, dipakai untuk 25 pasien yang saat ini dilayani di selasar karena IGD sudah penuh. Semoga tidak ada lagi pasien yang tidak tertampung,” ucapnya.

Di sisi lain, Khofifah berharap agar seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dia juga meminta kepada semua pihak untuk terus berdoa supaya pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Mohon semangat disiplin menjaga protokol kesehatan diiringi doa. Mugi sehat selamet sedoyo (semoga sehat dan diberi keselamatan semua),” tutupnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *