Saingi TikTok, Instagram Reels Durasinya 60 Detik

  • Bagikan
Ilustrasi Instagram Reels. (Foto: Istimewa)


Instagram telah memperbarui fitur Reels dengan menambah durasi tayangan hingga 60 detik, serupa dengan pilihan durasi tayangan video TikTok. Pembaruan itu diungkap Instagram lewat akun Twitter @instagram terverifikasi alias centang biru.

Instagram membagikan postingan dengan sebuah meme yang seolah menghubungkan durasi tayangan reels hingga 60 detik. Instagram juga menambahkan fitur capiton yang dapat menyalin audio dalam bentuk teks.

Instagram sebelumnya memberi bocoran fitur ini untuk Reels ketika mereka menambahkannya ke Stories. Fitur baru itu diklaim dapat mempermudah penyandang tuna rungu serta pengguna Instagram lain yang ingin menonton video di Reels tanpa suara. Namun saat ini, fitur itu hanya tersedia terbatas di beberapa negara berbahasa Inggris. Tetapi Instagram mengatakan mereka berencana untuk segera memperluas ke negara dan bahasa lainnya.

TikTok Perpanjang Video 3 Menit

Sebelumnya, Instagram hanya mendukung durasi pemutaran video di Reel 30 detik, sementara TikTok baru-baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat video hingga tiga menit.

Tech Crunch menyebut bahwa kemampuan memposting Reel 60 detik sangat berguna bagi pembuat konten yang ingin memposting ulang konten, namun sudah diunggah di platform pesaing lain.

Jadi, fitur ini bisa menguntungkan kreator Instagram yang juga memiliki pengikut di TikTok, menurut laporan The Verge. Semakin banyak perhatian pengguna pada Reels maka semakin baik, karena Algoritma Instagram tidak mempromosikan konten dengan water mark, tetapi pengguna yang cerdas telah menemukan cara untuk mendaur ulang video mereka.

Cara Pakai Instagram Reels 60 Detik

Untuk membuat konten video di Reels, pengguna bisa memulai seperti membuat Story. Pada bagian bawah, ada pilihan Reels di samping Story dan Live. Cara lainnya juga bisa dengan menekan ikon “+” untuk menambahkan konten di sebelan ikon Notifikasi.

Pengguna bisa merekam video pendek dengan durasi antara 15-30 detik. Ini bisa menggunakan tombol dengan ikon Reels tepat di sisi tengah seperti tombol membuat Story.

Itu berguna bukan hanya untuk satu kali perekaman, namun bisa digunakan untuk berkali-kali perekaman asal batas video yang direkam adalah 30 detik.

Kemudian, Anda juga bisa memilih jenis audio yang ingin digunakan. Pilih salah satu dari daftar yang disediakan.

Selanjutnya, Anda bisa mengatur kecepatan pemutaran video tersebut, mulai dari 0.3x, 0.5x, 1x, 2x, hingga 3x lipat kecepatan pemutaran. Lalu, ada efek yang bisa digunakan untuk memperindah tampilan video buatan Anda.

YouTube Shorts dan Snapchat’s Spotlight Video 60 Detik

Tidak hanya TikTok dan Instagram, saat ini juga ada pemain baru yaitu YouTube Shorts dan Snapchat’s Spotlight. Keduanya juga mendukung tayangan video hingga 60 detik. Pada bulan Mei, YouTube Shorts meluncurkan dana kreator sebesar 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,4 triliun untuk didistribusikan kepada para kreator Shorts teratas selama tahun 2021 dan 2022.

Snapchat juga mendistribusikan 1 juta dolar AS per hari atau senilai Rp14 miliar kepada kreator Spotlight yang viral antara peluncuran akhir November hingga akhir 2020. Facebook dan Instagram juga telah berkomitmen untuk berinvestasi pada kreator digital.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *