Schmid Raih Kemenangan Pertama di Giro d’Italia Etape 11

Mauro Schmid (Qhubeka-Assos) bangga dengan kemenangan pertamanya sebagai pembalap pro. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Mauro Schmid (Qhubeka Assos) meraih kemenangan pertamanya sebagai pembalap profesional di Giro d’Italia Etape 11, Rabu, 19 Mei 2021. Etape dari Perugia ke Montalcino sejauh 212 km ini unik karena ada segmen gravelnya.

Schmid mengalahkan rekan sesama pembalap muda, Alessandro Covi (UAE Team Emirates) saat sprint di tanjakan di Montalcino. Memang kelompok breakaway lagi-lagi menikmati kemenangan di etape kali ini.

Sedangan pemimpin klasemen general classification masih tetap Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Dalam 70 km terakhir ada empat bagian gravel yang dapat mengacaukan klasemen general classification.

Remco Envenepoel (Deceuninck-Quickstep) yang menduduki peringkat dua klasemen general classification ini akhirnya harus turun ke peringkat tujuh. Setelah harus drop di sektor tiga ketika balapan tersisa 25 km.

Evenepoel sangat kecewa ketika Joao Almeida tidak bisa mengantarkannya ke posisi depan. Meskipun pada akhirnya ada teman se-tim yang mendampinginya tetapi sudah tertinggal jauh dan saat melibas tanjakan terakhir, Evenepoel harus finis di peringkat ke-26.

Egan Bernal (Ineos Grenadiers) masih mengukuhkan sebagai pemimpin GC GIro d'Italia. (Foto: Istimewa)
Egan Bernal (Ineos Grenadiers) masih mengukuhkan sebagai pemimpin GC GIro d’Italia. (Foto: Istimewa)

Lagi-lagi Bernal menunjukkan superioritasnya di track gravel. Saat melintas tanjakan Passo del Lume Spento, dirinya begitu dominan. Meskipun tanjakan itu hanya kategori tiga tetapi setelah balapan yang melelahkan, hanya tersisa 14 pembalap dari pemburu klasemen GC yang bertahan.

Emanuel Buchmann (Bora-Hansgrohe) yang duluan melakukan attack. Tetapi dikejar oleh Bernal dan meninggalkan Aleksandr Vlasov (Astana-Premier Tech) dan Hugh Carthy (EF Education-Nippo).

Kedua pembalap ini, Buchmann dan Bernal bekerjasama hingga memasuki tanjakan Montalcino. Bernal terus mengamankan posisinya dan berusaha merebut setiap detik yang dapat diraihnya.

Bernal finis di posisi ke-11 dengan waktu 3 menit 9 detik lebih lambat dari Schmid. Buchmann finis tiga detik di belakang Bernal. Vlasov finis 23 detik di belakang Bernal. Lantas tiga detik kemudian Damiano Carusa (Bahran Victorious), Simon Yates (BikeExchange) dan Tobias Fiss (Jumbo Visma).

Sedangkan Romain Bardet (DSM) finis bersama Evenepoel, 2 menit 8 detik di belakang Bernal. Dan Martin (Israel Start-Up Nation) dan Davide Formolo (UAE Team Emirates) tertinggal jauh saat peloton melakukan bunch sprint di sector 1 gravel.

Mereka berdua tidak dapat lagi mengejar peloton dan finis lebih dari enam menit di belakng Bernal.

Saat ini Bernal memimpin klasemen general classification sejauh 45 detik. Vlasov berhasil menempati posisi kedua. Lantas Caruso ketiga dengan jarak waktu 1 menit 12 detik. Carthy di posisi keempat tertinggal empat detik dari Caruso.

Ada empat sector gravel di Giro d'Italia etape 11 ini. (Foto: Istimewa)
Ada empat sector gravel di Giro d’Italia etape 11 ini. (Foto: Istimewa)

Posisi kelima diisi oleh Yates. Sedangkan Buchmann di posisi keenam dengan jarak waktu 1 menit 50 detik. Evenepoel berada di posisi ketujuh dengan jarak 2 menit 22 detik di belakang Bernal. Di belakangnya ada Ciccone yang tertinggal dua detik dari Evenepoel.

Foss berada di peringkat sembilan setelah mengalahkan George Bennett, rekan setimnya di Jumbo-Visma. Sedangkan peringkat 10 diisi oleh pembalap Ineos, Daniel Martinez Poveda. Dengan waktu 3 menit 15 detik tertinggal dari Bernal.

Seperti yang diprediksikan, berakhirnya etape 11 ini membuat kocar-kacir klasemen GC. Tapi hari itu adalah harinya Schmid. Pembalap berusia 21 tahun dari Switzerland ini adalah satu dari 11 breakaway yang membuat jarak 14 menit dari peloton. Dan akhirnya Chmid sanggup memenangkan balapan ini.

Hasil Juara Giro d’Italia etape 11

1. Mauro Schmid (Swiss) Team Qhubeka Assos 4 jam 01 menit 55 detik

2. Alessandro Covi (Italia) UAE Team Emirates 0:00:01

3. Harm Vanhoucke (Belgia) Lotto Soudal 0:00:26

4. Dries De Bondt (Belgia) Alpecin-Fenix 0:00:41

5. Simon Guglielmi (Prancis) Groupama-FDJ

6. Enrico Battaglin (Italia) Bardiani CSF Faizane’ 0:00:44

7. Roger Kluge (Jerman) Lotto Soudal 0:01:23

8. Francesco Gavazzi (Italia) Eolo-Kometa Cycling Team 0:01:37

9. Taco van der Hoorn (Belanda) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 0:01:43

10. Lawrence Naesen (Belgia) AG2R Citroën Team 0:01:59

Profil GIro d'Italia etape 11. (Foto: Istimewa)
Profil GIro d’Italia etape 11. (Foto: Istimewa)

Klasemen General Classification setelah 11 dari 21 etape

1. Egan Bernal Gomez (Kolombia) Ineos Grenadiers 42 jam 35 menit 21 detik

2. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech 0:00:45

3. Damiano Caruso (Italia) Bahrain Victorious 0:01:12

4. Hugh Carthy (Inggris) EF Education-Nippo 0:01:17

5. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange 0:01:22

6. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe 0:01:50

7. Remco Evenepoel (Belgia) Deceuninck-QuickStep 0:02:22

8. Giulio Ciccone (Italia) Trek-Segafredo 0:02:24

9. Tobias Foss (Norwegia) Jumbo-Visma 0:02:49

10. Daniel Martinez Poveda (Kolombia) Ineos Grenadiers 0:03:15

11. Marc Soler (Spa) Movistar Team 0:03:19



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.