Sedia 5.000 Vaksin Sinopharm, Polda Gelar Vaksinasi Bagi Difabel

  • Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi bagi difabel di Polda Jatim (Foto: dok. Humas Polda Jatim)


Forkopimda Jawa Timur (Jatim), menggelar Vaksinasi Merdeka Semeru yang diselenggarakan di Mapolda Jatim, Selasa, 10 Agustus 2021. Vaksinasi itu diperuntukan bagi para difabale dan pendampingnya.

Vaksinasi tersebut, menggunakan 5.000 dosis vaksin sinopharm, yang disebar di Polres jajaran di Jatim. Yakni dengan rincian, 2.700 bagi difabel dan 2.300 untuk keluarga pendamping para difabel.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, vaksinasi bagi difabel dan ODGJ tersebut merupa bagian dari breakdown perluasan vaksinasi sesuai arahan dari Kemenkes.

“Dari kementrian kesehatan secara khusus didedikasikan vaksin sinopharm untuk penyandang disabilitas dan untuk orang dengan gangguan jiwa,” kata Khofifah.

Vaksinasi tersebut, melibatkan 74 vaksinator yang di antaranya, dari RS Bhayangkara Polda Jatim sebanyak 45 orang nakes, Biddokkes Polda Jatim 15 orang nakes, Sat Brimob polda Jatim 4 orang nakes.

Kemudian, Dit Polairud polda jatim 5 orang nakes, RS Dahlan 5 orang nakes dan juga dibantu oleh para personil dari Kodam V Brawijaya dan dari Koarmada II sampai ke tingkat jajaran kewilayahan.

“Format layanan seperti ini perlu dilakukan koordinasi dengan SLB, Panti dan para orang tua, sinergitas semua ini yang memungkinkan kita bisa melakukan perluasan cakupan imunisasi bagi penyandang disabilitas dengan orang gangguan jiwa di Jatim,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan bahwa vaksinasi tersebut khusus bagi para difable dan ODGJ. Untuk masyarakat umum, bakal kembali diinformasikan. “Bahwa vaksinasi saat ini yang digelar di polda jatim untuk penyandang disabilitas dan ODGJ. Namun masyarakat banyak yang datang ke polda maupun polres jajaran untuk mendapatkan vaksinasi,” kata Nico.

Lebih lanjut, Nico juga mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang membantu program tersebut. Dia juga mengapresiasi para penyandang disabilitas dan ODGJ yang mau melakukan vaksinasi. “Tingkat kesadaran sudah sangat tinggi, dan kami akan terus melaksanakan vaksinasi merdeka untuk menyambut HUT RI,” tutupnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *