Selain Usia, Ini Penyebab Seseorang Bisa Alami Katarak

Dokter spesialis mata RS Mata Undaan Surabaya, dr Astrid Pricilia Syulianti,Sp.M dalam ruang dokter RS Mata Undaan. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Katarak adalah kondisi perubahan lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh, sehingga objek yang dilihat akan menjadi tidak jelas dan kabur.

Dokter spesialis mata RS Mata Undaan Surabaya, dr Astrid Pricilia Syulianti,Sp.M mengatakan, pada pasien katarak penglihatan akan terganggu sesuai kekeruhan yang dialami.

Astrid menambahkan, kebanyakan katarak terjadi karena faktor penuaan. Umumnya dimulai dari usia 50 tahun ke atas atau bisa lebih muda.

“Selain faktor usia, ada beberapa penyebab lain seseorang bisa terkena katarak. Misalnya cacat bawaan, dan masih banyak lagi,” ujar dokter Astrid dalam Ruang Dokter RS Mata Undaan.

Berikut penyebab katarak yang diungkapkan dr Astrid ialah:

1. Cacat bawaan sejak lahir.
2. Masalah kesehatan, seperti peradangan, diabetes dan obat-obatan tertentu.
3. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol, juga bisa menyebabkan katarak.
4. Paparan sinar UV yang berlebihan.
5. Riwayat keluarga yang menderita katarak.
6. Riwayat operasi pada mata sebelumnya.

Gejala Katarak.

dr Astrid juga menjelaskan, ada gejala katarak yang patut diwaspadai. Pertama, penglihatan seperti ada kabut atau asap, Kedua, mudah silau meskipun di tempat gelap, ketiga, penglihatan ganda.

“Keempat, saat membaca harus menggunakan pencahayaan yang sangat terang, dan kelima, ukuran kacamata cepat berubah,” katanya. Bila mengalami kondisi di atas segera lakukan pemeriksaan di RS Mata Undaan Surabaya.

Tentang RS Mata Undaan.

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan telah menjadi ikon Kota Surabaya.

Berlokasi di jantung Kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan merupakan rumah sakit khusus kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan, di antaranya layanan Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.