Sergi Barjuan Pelatih Sementara Barcelona

  • Bagikan
Sergi Barjuan. (Foto: Istimewa)


Barcelona resmi mengumumkan Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Ronald Koeman. Sergi Barjuan merupakan pelatih tim Barcelona B. Dia diminta untuk sementara waktu memimpin latihan dan pertandingan Blaugrana sebelum juru taktik utama ditentukan.

Presiden Barcelona, Joan Laporta resmi memperkenalkan Sergi Barjuan ke skuad utama sebelum sesi latihan di Ciutat Esportiva, pada Kamis 28 Oktober 2021 waktu setempat. Kemudian, Sergie Barjuan dijadwalkan akan menghadiri konferensi pers pada Jumat 29 Oktober 2021.

“Presiden FC Barcelona, Joan Laporta, akan secara resmi memperkenalkan Sergi Barjuan ke skuat tim utama sore ini sebelum sesi latihan di Ciutat Esportiva,” tulis Barcelona dalam rilis resminya.

Kendati begitu, posisi Sergi Barjuan di kursi pelatih kepala hanya sementara. Dia akan kembali lengser setelah klub Catalan tersebut menunjuk pelatih baru yang sedang disiapkan.

“Posisi sementaranya sebagai pelatih kepala tim utama akan berakhir segera setelah klub merekrut pelatih kepala penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat,” bunyi keterangan dari Barcelona.

Barcelona umumkan pelatih sementara, Sergi Barjuan. (Foto: Twitter)

Profil Sergi Barjuan

Sergi Barjuan bukan orang baru bagi Barcelona. Pria kelahiran Les Franqueses itu pernah berseragam Blaugrana sembilan musim. Sergi Barjuan merupakan produk akademi sepak bola Barcelona yang terkenal, La Masia. Pemain berposisi bek kiri itu promosi ke tim utama Blaugrana pada musim 1993-1994.

Pria 49 tahun ini bermain selama sembilan musik untuk Barcelona. Dia membukukan total 382 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 11 gol. Dia sukses memenangi total sembilan gelar bergengsi, termasuk tiga trofi La Liga, dua Copa del Rey, dan satu Piala Winners. Sergi meninggalkan Barcelona pada musim panas 2002.

Dia kemudian pindah ke Atletico Madrid. Setelah tiga musim membela Atletico, Sergi Barjuan gantung sepatu pada akhir musim 2004-2005. Sergi Barjuan mengawali karier kepelatihan di klub yang membesarkan namanya, Barcelona. Pada 2009, dia bergabung dengan akademi Barca untuk melatih tim Juvenil B (U19).

Pada 2012, Sergi mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pelatih tim utama sebuah klub. Klub pertama yang ia latih adalah Recreativo Huelva yang ketika itu berkompetisi di Segunda Division, kasta kedua Liga Spanyol. Sergi melatih Huelva sampai 2014. Ia lalu menukangi sejumlah klub, yakni Almeria (2015), Real Mallorca (2017), dan Zhejiang Greentown di Liga China dari 2017 hingga 2019. Pada Juni lalu, Sergi Barjuan kembali ke Barcelona. Kali ini, ia dipercaya untuk menangani tim Barca B. Sergi dikontrak hingga 30 Juni 2023 untuk membesut tim Barcelona B.

Peluang Xavi Hernandez

Nama Xavi Hernandez ramai disebut akan menduduki kursi kosong pelatih Barcelona. Namun tampaknya, penggemar harus bersabar dahulu karena bukan idolanya itu yang diperkenalkan.

Seperti diketahui, Barcelona resmi memecat Ronald Koeman usai kembali menelan kekalahan di Liga Spanyol 2021/2022. Barcelona kalah 0-1 dari Rayo Vallecano pada laga pekan ke-11 di Campo de Futbol de Valles, pada 28 Oktober 2021.

Kubu Blaugrana (julukan Barcelona) sejatinya punya peluang menghindari kekalahan. Namun penalti Debay tidak membuahkan gol pada babak kedua.

Itu merupakan kekalahan ketiga Barcelona di pentas Liga Spanyol musim ini. Cuma bisa mengumpulkan 15 poin, Blaugrana tertahan di peringkat kesembilan klasemen.

Performa buruk Barcelona di Liga Spanyol dan juga Liga Champions membuat pihak klub memutuskan untuk mendepak Ronald Koeman.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *