Setya Novanto Bawa HP di Lapas Sukamiskin, Ini Kata Dirjen Lapas

  • Bagikan
Setya Novanto alias Setnov (kanan) membawa dua ponsel atau HP di Lapas Sukamiskin. (Foto: Istimewa)


Setya Novanto, terpidana kasus korupsi pengadaan proyek kartu tanda penduduk (KTP) berbasis elektronik (e-KTP), kembali membikin heboh publik. Setelah terciduk plesiran ke toko bangunan usai meminta izin berobat, kini beredar foto mantan Ketua DPR RI itu membawa ponsel atau HP ke dalam Lapas Sukamiskin. Tak hanya satu unit HP, melainkan dua ponsel sekaligus dibawa oleh pria yang akrab disapa Setnov ini.

Dilihat dari foto yang viral di media sosial, Setya Novanto sedang duduk memakai kemeja berwarna tosca dengan dua ponsel yang tergeletak di atas meja di depannya. Dalam foto itu juga terlihat mantan Walikota Bandung Dada Rosada.

Sementara beredar pula satu foto lainnya yang memperlihatkan empat orang yang diduga narapidana di Lapas Sukamiskin sedang membakar daging. Dua orang di antaranya mengenakan sarung, berpose memegang daging iga di depan alat panggang.

Dirjen Lapas Klarifikasi Foto Setya Novanto Lawas

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan foto-foto narapidana yang sedang membakar daging tersebut diambil pada momen perayaan Idul Adha 2020.

“Itu foto tahun lalu pas Idul Adha. Jadi bukan yang Sekarang. Itu foto lama pas hari raya qurban,” kata Rika kepada wartawan, Sabtu, 17 Juli 2021.

Rika mengatakan akan menelusuri foto Novanto membawa ponsel. Dia mengatakan narapidana dilarang membawa ponsel ke dalam penjara. Dia mengatakan butuh mendetailkan kapan dan bagaimana Setya membawa ponsel. Dia bilang saat ini keadaan sudah banyak berubah.

ICW Minta Setya Novanto Dijebloskan ke Lapas Nusakambangan

Indonesia Corruption Watch (ICW) ikut menanggapi foto Setya Novanto yang membawa HP dua unit ke dalam lapas. ICW menganggap foto itu menunjukkan kebobrokan pengelolaan penjara khusus koruptor di bawah Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham.

ICW meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memindahkan Setya Novanto ke Lapas Nusakambangan. “Praktek pelanggan ini bukan kali pertama terjadi,” kata peneliti dari ICW, Kurnia Ramadhana.

 

Setya Novanto Tampil Brewokan dan Berkumis

Ada yang berbeda dari penampilan Setya Novanto. Dia terlihat memelihara kumis dengan brewok yang dibiarkan tumbuh memenuhi sebagian pipinya. Biasanya, wajah Setya Novanto kerap bersih tanpa ada kumis ataupun brewok. Perubahan penampilan ini ketika masa penahanannya dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur. Itu karena dia ketahuan kelayapan di Padalarang.

Setya Novanto dianggap menyalahgunakan prosedur izin berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung. Selain itu, dia juga diketahui bersama istrinya, Deisti Astriani Tagore kedapatan berkunjung ke sebuah toko bangunan ternama.

Selain memelihara brewok dan kumis, Setya Novanto mengaku selama mendekam di Lapas Gunung Sindur dirinya rajin mengaji bahkan hapal beberapa juz Alquran.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *