Spesifikasi Huawei MatePad 11, Tablet Pendamping Kerja

  • Bagikan
Huawei MatePad 11. (Foto: Dok. Huawei)


Bekerja di masa pandemi Covid-19 bisa dilakukan tidak hanya di meja kerja, tapi di sofa ruang keluarga maupun di meja makan sambil menikmati snack. Di beberapa kondisi tersebut memang rasanya tidak cocok apabila membawa laptop, perangkat gadget seperti tablet justru terasa lebih pas.

Huawei merilis tablet yang diklaim cocok untuk hiburan sekaligus kerja maupun sekolah atau produktivitas lainnya, yaitu Huawei MatePad 11. Tablet produktivitas ini dibanderol Rp 7.299.000 dengan bundling magnetic keyboard dan mouse wireless.

Desain

Huawei MatePad 11 mengusung ukuran 11 inci. Ukuran layar tersebut juga semakin memuaskan karena di sini tersedia resolusi WQXGA 2560x1600p dari panel TFT LCD (IPS) dengan rentang warna 16,7 juta sertifikasi DCI-P3 color gamut. Makanya tablet ini cukup mendukung untuk pendamping kebutuhan desain grafis ringan.

Layar Huawei MatePad 11 punya refresh rate 120Hz. Performa ini sangat mendukung tidak hanya untuk menikmati konten multimedia baik menonton maupun bermain game. Refresh rate akan otomatis berubah sesuai jenis konten yang diakses.

Huawei MatePad 11 tanpa dilengkapi casing smart magnetic keyboard diakui punya tampilan desain yang biasa saja tapi tergolong elegan. Tablet ini digunakan dalam posisi horizontal atau landscape dengan posisi tombol Power di sisi kiri dan tombol Volume di bagian atas.

Ilustrasi dari spesifikasi tablet Huawei MatePad 11. (Foto: Dok. Huawei)

Desain tombol Power dan Volume tersebut sangat ergonomis. Posisi kamera depannya yang ada di bagian tengah bezelnya juga sudah sangat pas untuk menyajikan posisi sudut pandang yang nyaman saat digunakan untuk video conference.

Di sisi kiri dan kanan masing-masing tersedia dua lubang speaker yang kualitas audionya diracik Huawei bersama Harman Kardon. Sayangnya, salah satu di antara speaker tadi bakal tertutup oleh genggaman tangan saat dalam posisi handheld. Beruntung mikrofonnya di desain di sisi atas, sebelah tombol Volume.

Di sisi bagian bawahnya akan ditemukan sebuah tray yang selama ini dikenal sebagai slot SIM card dan MicroSD namun ternyata di sini hanya tersedia untuk pemasangan MicroSD hingga kapasitas 1TB.

Huawei MatePad 11 ukuran dimensi 253.8 x 165.3 x 7.3 mm dan memiliki berat 485 gr ini, mengandalkan konektivitas WiFi untuk menyambung ke internet meskipun demikian perangkat ini sudah mendukung koneksi cepat WiFi 6.

Fitur Huawei MatePad 11. (Foto: Dok. Huawei)
Fitur Huawei MatePad 11. (Foto: Dok. Huawei)

Antarmuka dan Fitur

Satu lagi fitur yang tidak ada adalah pemindai sidik jari yang selama ini sudah populer digunakan di smartphone. Meskipun tidak memiliki pemindai sidik jari tapi Huawei MatePad 11 tetap menyediakan fitur keamanan seperti face recognition atau pemindai wajah serta smart unlock menggunakan gadget wearable seperti smartwatch maupun smartphone yang kompatibel dengan sistem operasi HarmonyOS 2.0.

Huawei MatePad 11 hadir dengan sistem operasi yang masih bisa dipasang aplikasi Android lewat layanan Huawei AppGallery maupun pencarian Petal Search selama aplikasi tersebut tidak membutuhkan Google Mobile Services.

Menurut Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia, Patrick Ru, tablet itu bisa jadi penggerak produktivitas pengguna dengan pengalaman seperti PC. Tablet Huawei MatePad 11 menjadi tablet pertama yang dilengkapi dengan sistem operasi HarmonyOs 2.0, dibekali oleh Chipset Qualcomm SM8250 dengan CPU Octa-core dan juga GPU Andreno 650. Huawei MatePa 11 juga menyediakan slot memori internal sebesar  128GB dengan RAM 6 GB yang bisa diperbesar hingga 1 TB.

M-Pencil

Huawei MatePad 11 tersedia M-Pencil Generasi ke-2 yang punya latensi rendah 2ms sehingga sangat responsif dan desain ergonomis karena berbentuk hexagon, bukan membulat atau pipih. Perangkat ini mampu membaca penggunaan untuk membuat garis tebal maupun tipis.

Pairing aksesori ini sangat mudah, cukup pasang ke USB port pada pertama kali penggunaan, kemudian setelahnya M-Pencil akan tetap terhubung secara wireless. Proses pengisian baterainya juga bisa dilakukan wireless charging saat diletakan di atas tablet Huawei MatePad 11.

Kamera

Huawei MatePad 11 punya kamera belakang 13MP dengan kamera depan 8MP yang di atas kertas spesifikasinya sudah sejajar dengan smartphone entry-level saat ini. Di dalamnya disediakan beberapa mode fotografi dan videografis seperti time-lapse juga yang cukup membantu adalah fitur untuk memindai atau scan dokumen.

Performa

Klaim Huawei MatePad 11 sebagai tablet yang tangguh untuk bekerja memang tidak main-main, demi mendukung multitasking lancar maka dapur pacunya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 865. Chipset ini diketahui juga digunakan di sejumlah smartphone high-end.

Tidak heran apabila Huawei MatePad 11 juga bisa mendukung game berat sekelas Genshin Impact meskipun dibekali kapasitas RAM 6GB. Semua game berat bisa dimainkan di tablet ini selama tidak membutuhan Google Mobile Services.

Tersedia memori internal 128GB yang bisa ditambah MicroSD hingga 1TB. Soal daya tahan baterainya kapasitas 7.250 mAh, pengujian menggunakan PCMark for Android diklaim bisa bertahan seharian.

Huawei MatePad 11 dilengkapi M-Pencil. (Foto: Dok. Huawei)
Huawei MatePad 11 dilengkapi M-Pencil. (Foto: Dok. Huawei)

Fitur Canggih Huawei MatePad 11

1. Huawei juga memperkenalkan desain desktop baru yang menyajikan informasi terpenting dalam tampilan UI (User Interface) yang rapi dan teratur.

2. Huawei MatePad 11 juga memiliki tampilan terbaru pada dock bagian bawah akan menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan dan yang baru-baru ini digunakan agar pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi mereka.

3. Tampilan terbaru pada layanan widget juga dapat menampilkan informasi waktu nyata, dan memungkinkan pengguna mengakses fitur aplikasi tertentu tanpa meluncurkan aplikasi itu sendiri.

4. Multi-screen collaboration juga mendukung interaksi tablet dan PC, di mana akan menawarkan tiga mode yang memungkinkan perangkat bekerja sama dengan cara yang baru.

5. Lewat mirror mode, pengguna dapat memproyeksikan tampilan layar PC ke tablet. Dengan ini, tablet dapat menjadi papan gambar yang dapat dipasangkan dengan Huawei M-Pencil generasi ke-2 untuk menghasilkan sketsa secara cepat dan karya kaligrafi yang halus.

6. Pekerja kantoran juga dapat memanfaatkan Extend Mode, mendapatkan layar kedua untuk PC, dan menikmati lebih banyak ruang layar untuk bekerja.

7. Collaborate Mode juga memungkinkan interaksi lintas platform yang sebenarnya antara HarmonyOS 2 dan Windows, yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer konten antara perangkat yang terhubung hanya dengan drag and drop sederhana.

8. App Multiplier yang telah ditingkatkan memungkinkan dua tugas untuk dijalankan secara terpisah dalam satu aplikasi. Hal ini didukung oleh fitur window lock terbaru yang mendukung operasi paralel dan independen di dua jendela.

Baterai dan Harga

Tablet Huawei MatePad 11 dibekali dengan bateria berukuran 7.250 mAh, dan menggunakan sistem fast charging sebesar 22.5 Watt dengan charging 5 Watt. Tablet canggih keluaran Huawei ini dibanderol dengan harga 7.299.000 rupiah dan sudah membuka pre-order dari tanggal 5 hingga 13 Agustus 2021.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *