Storer Menang Etape Tujuh dan Valverde Out

  • Bagikan
MIchael Storer (Team DSM) berhasil meraih kemenangan terbesar dalam kariernya di Vuelta a Espana etape 7


Banyak terjadi perubahan klasemen general classification Vuelta a Espana setelah etape 7 usai. Penyebabnya adalah Hugh Carthy (EF Education-Nippo) dan Alejandro Valverde (Movistar) yang harus mengakhiri Vuelta a Espana.

Masih belum diketahui mengapa Carthy harus pensiun dari Vuelta a Espana ini. Sedangkan Valverde mengalami kecelakaan hebat, jatuh ke dalam jurang yang dalam saat balapan kurang 40 km dan melakukan serangan di tanjakan Puerto El Collao. Dia harus pensiun karena mengalami patah tulang selangka.

Meskipun banyak kejadian yang menegangkan di etape tujuh yang berangkat dari Gandia menuju Balcon de Alicante, tetapi kemenangan diraih oleh Michael Storer (Team DSM). Melalui cara breakaway di etape pegunungan pertama Vuelta a Espana ini, Jumat, 20 Agustus malam WIB.

Pembalap asal Australia ini sudah nampak agresif sejak pertama menaklukkan tanjakan pertama yang berkategori di 15 km pertama. Lantas pembalap berusia 24 tahun ini melenggang sendirian menuju finis di Balcon de Alicante.       

Team DSM harus merubah strateginya setelah kehilangan pembalap andalan pemburu GC, Romain Bardet dua hari lalu karena kecelakaan. Saat etape tujuh ini, Team DSM mengirim tiga pembalap untuk bergabung dengan enam pembalap awal yang melakukan breakaway. Lantas ketika memasuki tanjakan kedua, Team DSM memasukan lagi dua pembalapnya ke dalam kelompok breakaway yang berjumlah 29 pembalap itu.  

Setelah beberapa kali pembalap Team DSM melakukan serangan-serangan, selepas tanjakan keempat Puerto El Collao, Storer mengikuti Sivakov di turunan. Dan bergabung dengan Lawsan Craddock (EF Education-Nippo).

Sivakov mengalami lepas rantai dan Storer meninggalkannya. Saat melibas tanjakan terakhir, Balcon de Alicante yang sepanjang 8,4 km dengan gradien rata-rata 6,2 persen, Storer bersama Verona dan Andreas Klon (Lotto Soudal).

Verona berusaha menyerang Storer tapi tidak berhasil. Dan Sivakov-pun ditinggalkannya. Storer terus mengayuh sepedanya hingga mencapai finis di puncak dan meraih kemenangan terbesar dalam kariernya.

Podium kedua diisi oleh Carlos Verona (Movistar) yang tertinggal 22 detik. Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers) menempati podium ketiga dengan jarak waktu satu menit dari Storer.

Sepp Kuss (Jumbo-Visma) dan Jack Haig (Bahrain Victorious) juga merupakan bagian dari kelompok breakaway yang sudah melepaskan diri dari peloton sejak balapan berjalan 50 km. Keduanya berhasil masuk dalam jajaran top ten juara etape 7 di peringkat 4 dan 5.

Sedangkan Primoz Roglic (Jumbo Visma) masih kukuh menggenggam red jersey, tanpa pemimpin klasemen GC setelah etape 7 ini usai. (yudy hananta)

Profil Vuelta a Espana Etape 7

Hasil juara Vuelta a Espana etape 7 (top ten)

1          Michael Storer (Australia) Team DSM        4:10:13

2          Carlos Verona Quintanilla (Spanyol) Movistar Team       0:00:21

3          Pavel Sivakov (Rusia) Ineos Grenadiers    0:00:59

4          Sepp Kuss (AS) Jumbo-Visma          0:01:16

5          Jack Haig (Australia) Bahrain Victorious   0:01:24

6          Romain Bardet (Prancis) Team DSM          0:01:32

7          Felix Grossschartner (Austria) Bora-Hansgrohe 

8          Andreas Kron (Denmark) Lotto Soudal     0:01:37

9          Steff Cras (Belgia) Lotto Soudal      0:02:17

10        Jan Polanc (Slovenia) UAE Team Emirates 0:02:29

Klasemen general classification setelah 7 dari 21 etape

1          Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma      25:18:35

2          Felix Grossschartner (Austria) Bora-Hansgrohe  0:00:08

3          Enric Mas Nicolau (Spanyol) Movistar Team        0:00:25

4          Miguel Angel Lopez Moreno (Kolombia) Movistar Team            0:00:36

5          Jan Polanc (Slovenia) UAE Team Emirates 0:00:38

6          Egan Bernal Gomez (Kolombia) Ineos Grenadiers           0:00:41

7          Jack Haig (Australia) Bahrain Victorious   0:00:57

8          Sepp Kuss (AS) Jumbo-Visma          0:00:59

9          Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech   0:01:06

10        Adam Yates (Inggris) Ineos Grenadiers     0:01:22



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *