Suara Dentuman Keras Bikin Geger Warga di Bondowoso

  • Bagikan
Kilatan cahaya di atas Gunung Raung yang terletak antara Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember yang muncul bersamaan suara dentuman keras terekam CCTV. (foto: istimewa)


Warga sejumlah kecamatan di  Bondowoso Jawa Timur dihebohkan oleh suara dentuman keras yang terjadi pada Jumat malam, 4 Juni 2021 sekitar pukul 20.00 WIB.  Kabar ini ramai dibicarakan warga di tempat-tempat umum hingga di media sosial.  

Sebagian warga mengaku mendengar suara dentuman, tanpa merasakan getaran. Warga lainnya menyebut merasakan getaran, hingga membuat kaca rumah sedikit bergetar. Tapi, mereka sama-sama tidak mengetahui sumber dari suara dentuman keras.

Abdul Hadi, 37, warga Kecamatan Prajekan Bondowoso mengaku mendengar suara ledakan keras ketika santai menonton televisi di rumah, Jumat malam sekitar pukul 20.00 WIB. Dia mematikan televisi dan keluar rumah mencari sumber suara ledakan itu.

”Suara ledakan keras, sampai kaca jendela rumah saya agak bergetar. Tidak tahu suara ledakan apa, tapi saya mengira suara petir,” akunya, Sabtu, 5 Juni 2021.

Warga lain di Kecamatan Tapen,  Saroni, 32 juga mengungkapkan, mendengar suara dentuman keras tersebut. Namun, bapak satu anak ini tidak merasakan getaran sama sekali.

”Ya, saya dengar suara dentuman keras itu, Jumat malam. Saya asyik ngobrol dengan istri dan anak di rumah sempat kaget juga. Kalau sampeyan tanya darimana sumber suara dentuman, itu saya tidak tahu. Saya mengira suara petir di langit,” ungkapnya.

Sebagian warga lagi menyebut tidak mendengar sama sekali suara dentuman keras itu. Namun, mereka mengatakan, kabar suara dentuman keras terjadi di wilayah Kecamatan Prajekan, Tapen, Sukosari, hingga Sumberwringin ramai menjadi perbincangan di media sosial.

”Mungkin saya lagi enak tidur, ketika suara dentuman keras itu. Tapi, kabar ini jadi perbincangan di media sosial,” ujar Sunandar, 58, warga Prajekan.

Informasi menyebutkan, suara dentuman keras pertama kali terdengar di sekitar Gunung Raung Banyuwangi bersamaan kilatan cahaya di langit. Kilatan cahaya ini tertangkap CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Jumat malam, 4 Juni 2021 sekitar pukul 19.52 WIB.  

Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Bondowoso pun bergerak cepat mencari tahu sumber suara dentuman keras yang ramai diperbincangkan di medsos ini.

”BPBD Bondowoso berkoordinasi terus dengan Pos Pemantau Gunung Api (PPGA) Gunung Raung, untuk mencari tahu sumber suara dentuman keras itu,” kata Ayip Rosidi, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Bencana BPBD Bondowoso.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *