Sukses Tekan Kasus Covid-19, Brunei Darussalam Bebas Berpesta

  • Bagikan
Brunei Darussalam menggelar ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, pada Kamis pekan lalu.(Foto: Istimewa)


Brunei Darussalam berhasil menekan angka kasus Covid-19 pada saat negara lain di ASEAN masih bergelut menyelesaikan pandemi yang berasal dari Wuhan, China. Sebab, saat ini Brunei Darussalam menjadi negara dengan minim kasus COVID-19.

Minggu lalu, bahkan hanya ditemukan dua kasus baru. Dua kasus baru itu, seperti dilansir The Scoop, Sabtu 17 Juli 2021, disebut berasal dari Warga Negara Indonesia berkunjung ke Brunei, pada 27 Juni 2021.

Brunei Darussalam mencatat rekor terbaik di dunia dalam penanganan pandemi karena setelah ditelusuri hasilnya tidak ada kontak erat untuk kedua kasus baru itu.

Setelah mencetak rekor, Brunei Darussalam akhirnya menggelar ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, pada Kamis pekan lalu.

Pesta itu digelar di Lapangan Istana Kesultanan. Padahal, tahun lalu acara ini ditiadakan karena COVID-19.

100 Personel Tenaga Medis Disiapkan

“Beberapa ambulans dan 100 personel medis dikerahkan untuk memastikan keamanan kerumunan,” kata seorang komandan ambulans Brunei Darussalam.

Dua klinik statis didirikan di Taman SOAS, sekitar Istana guna menangani keadaan darurat.

Enam belas truk pemadam kebakaran dan perahu juga bersiaga, menurut Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Brunei Darussalam.

Dalam acara itu, diundang pula beberapa tamu undangan yang harus divaksinasi COVID-19 sesuai dengan protokol yang baru ditetapkan Kementerian Dalam Negeri Brunei.

Pesta ini pun disebut hanya berskala kecil, mengingat risiko kesehatan COVID-19 masih dapat mengancam.

Pada tahun 2020, upacara militer dan penyerahan medali di istana Brunei Darussalam dibatalkan karena kekhawatiran yang berkelanjutan atas keamanan COVID.

Tahun ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan acara publik, kecuali perjamuan kerajaan tahunan yang diadakan di istana.

Tidak hanya di dalam istana, ternyata banyak orang berkumpul di luar Istana untuk menyaksikan upacara tersebut.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *