Tahun Depan Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi akan Diperpanjang

Area bagian utara Pelabuhan Tanjungwangi inilah yang rencananya akan dibangun untuk perpanjangan dermaga. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Dermaga Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, rencanannya akan diperpanjang tahun depan. Sebab, dermaga yang sudah ada kelebihan kapasitasnya. Bebeberapa kapal harus antre untuk bisa bersandar di pelabuhan yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Letkol Marinir, Benyamin Ginting menyatakan, dermaga Pelabuhan Tanjungwangi yang telah ada saat ini panjangnya 540 meter. Saat ini, menurutnya dermaga ini sudah tidak mampu menampung kapal yang akan bersandar.

“Memang dermaga yang ada 540 meter sudah over. Sehingga sering sekali kapal harus menunggu untuk sandar,” jelasnya.

Karena dermaga sudah over kapasitas, lanjutnya seringkali kapal yang bukan prioritas harus menunggu untuk bisa bersandar di Pelabuhan ini. Kapal yang seringkali harus menunggu untuk bersandar ini adalah kapal ikan.

“Belakangan (bersandarnya). Ada (dermaga) yang kosong baru bisa masuk,” tegasnya.

Dengan kondisi yang seperti ini, menurut Benyamin Ginting, perlu penambahan panjang pelabuhan dari yang sudah ada saat ini. Kebetulan di bagian utara ada lahan sepanjang 80 lagi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah panjang dermaga.

“Ini kebutuhan masyarakat untuk ditambah 80 meter,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah, menyatakan, memang ada perencanaan dari Kementerian Perhubungan untuk pembangunan dermaga Tanjungwangi tahun depan. Selain itu,rencananya juga akan dilakukan pembangunan kantor KSOP Tanjungwangi. Karena saat ini kantor KSOP masih bergabung dengan kantor instansi lain.

“Mudah-mudahan ada anggaran pada perubahan. Kalau ada akan kita dorong. Itu menjadi tanggung jawab dalam alokasi anggaran,” ujarnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.