Tak Terbendung, Jatim Juara Umum di Cabor Selam

  • Bagikan
Kontingen Jatim tampil sebagai juara di selam kolam. (Foto: Istimewa)


Kontingen Jawa Timur tak terbendung di cabang olahraga selam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ini setelah mereka berhasil meraih 12 medali emas, 4 perak, dan tiga perunggu dalam perlombaan di Arena Akuatik Kampung Hraapan, Kabupaten, Jayapura.   

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur Mirza Muttaqien, Kamis 7 Oktober 2021, mengatakan raihan medali emas tersebut sesuai target yang dicanangkan KONI Jatim kepada cabor ini.

“Selama tiga hari perlombaan selam kolam dari 20 nomor yang diperlombakan, Jawa Timur meraih 12 medali emas,” kata Mirza, di Jayapura.

Pencapaian 12 medali emas tim selam Jawa Timur kali ini lebih baik dibanding prestasi PON edisi sebelumnya di Jawa Barat tahun 2016. Ketika itu, Jawa Timur keluar sebagai juara umum selam kolam dengan koleksi 9 emas, 9 perak, 5 perunggu.

“Pencapaian ini bukan sekadar untuk atlet Jawa Timur, tetapi untuk insan selam Indonesia,” tambah Mirza.

Sejak hari pertama perlombaan selam kolam PON Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Selasa 5 Oktober, Jatim sangat mendominasi.

Bahkan, pada hari terakhir perlombaan, Kamis 9 Oktober 2021, dominasi Jatim masih tak terbendung dengan menyabet lima emas dari enam nomor yang dilombakan.

Lima medali emas itu masing-masing dari nomor 800 meter surface putra dan putri, serta 50 meter apnea putra dan putri, serta 4×100 bifin putri.

Sementara berdasarkan laman resmi PB PON, tim DKI Jakarta berada di urutan kedua dalam klasemen perolehan medali selam kolam dengan 6 emas, 4 perak, dan 2 perunggu. Kemudian, Jawa Barat di urutan ketiga dengan raihan 2 emas, 8 perak, dan 4 perunggu.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *