Telur Caviar Setara Berlian Dipakai Masak Seleb TikTok Sisca Kohl

Sisca Kohl memperlihatkan masakannya yakni mie yang dicampur dengan daging wagyu, jamur truffle, dan caviar jadi perbincangan para netizen di TikTok. (Foto: TikTok)

[ad_1]

Sisca Kohl dikenal dengan konten makanan mewahnya. Salah satunya adalah caviar yaitu telur ikan berharga Rp 1,6 juta per 100 gram. Kemunculan Sisca Kohl dengan beragam makanan ‘sultan’nya di TikTok seringkali membuat dompet bergetar. Sisca dan adiknya Aaliya tidak segan-segan mengeluarkan dana hingga ratusan juta untuk sebuah konten TikTok.

Makanan mewah yang mahal bahkan hingga harus diimpor dari luar negeri menjadi daya tarik konten mereka. Mulai dari foie gras, caviar, buah dari Jepang hingga nasi goreng berharga ratusan juta pernah jadi konten TikTok.

Caviar sendiri merupakan makanan yang terbuat dari telur ikan yang telah melewati proses digarami. Biasanya telur ikan yang satu ini hanya hadir di restoran-restoran dan makanan mewah.

Sisca Kohl memperlihatkan telur caviar setara berlian. (Foto: Istimewa)
Sisca Kohl memperlihatkan telur caviar setara berlian. (Foto: Istimewa)

Dihasilkan oleh Ikan Sturgeon

Sturgeon merupakan nama umum dari 26 spesies ikan yang termasuk dalam famili Acipenseridae. Ikan ini dikenal sebagai ikan penghasil caviar ketika masa pembuahannya tiba. Caviar ini tidak bisa didapatkan sepanjang tahun, hanya pada beberapa waktu yang merupakan masa pembuahan ikan sturgeon betina saja.

Ikan Sturgeon banyak ditemukan di perairan Perancis. Masa hidup ini ikan berkisar antara 55 tahun untuk ikan jantan dan 80 hingga 150 tahun untuk ikan betina. Ikan sturgeon bisa mencapai bobot 1,1 hingga 1,6 ton.

Sebenarnya populasi ikan sturgeon sudah terancam punah karena penangkapan sturgeon untuk diambil caviarnya. Secara internasional, perdagangan sturgeon liar di kawasan laut Kaspia dan laut hitam telah dilarang sejak 2006.

Peternakan Sturgeon untuk Pasokan Caviar di Dunia

Terancamnya populasi ikan sturgeon liar membuat para nelayan berpikir keras untuk tetap mendapatkan caviar tanpa menghabiskan populasi ikan sturgeon. Beberapa negara berlomba-lomba untuk memiliki peternakan sturgeonnya sendiri untuk menghasilkan caviar berharga mahal ini.

Mulai dari Rusia, Irak hingga Thailand semuanya memiliki tempat peternakan atau pembudidayaan ikan sturgeon yang sengaja diperuntukkan untuk diambil caviarnya. Jika pada masa perburuan ikan sturgeon secara liar ikan akan dibunuh, berbeda dengan pemanenan caviar dari ikan sturgeon yang dibesarkan di penangkaran.

Sejak ikan sturgeon yang boleh dipanen caviarnya adalah yang dibudidaya atau di penangkaran, para nelayan ini mengambil telur ikan lebih lembut. Perut ikan akan dipijat atau diurut untuk menekan dan mengeluarkan telurnya atau caviar sehingga ikan bisa tetap hidup dan kembali bertelur.

Ikan Sturgeon penghasil telur caviar. (Foto: Istimewa)
Ikan Sturgeon penghasil telur caviar. (Foto: Istimewa)

Harga Caviar Fantastis, Setara Berlian

Caviar memiliki dua jenis, yaitu ada caviar beluga berwarna hitam dan caviar putih. caviar hitam yang dihasilkan dari ikan sturgeon berjenis beluga dikatakan sebagai caviar dengan kualitas terbaik.

Caviar hitam yang dihasilkan oleh ikan sturgeon jenis beluga ini bahkan dibanderol hingga Rp170 juta per kilogram. Selain itu ada juga caviar putih yang dihasilkan oleh spesies ikan langka yaitu Siberian Albino Sturgeon yang dibanderol seharga Rp 1,6 miliar per kilogram.

Harga caviar ini ditentukan oleh masa pembuahan telur ikan betina juga ketersediaan jenis ikan tersebut. Semakin langka ikannya dan semakin jarang pembuahan ikan sturgeon betina akan membuat harga caviar semakin melambung tinggi setara berlian.

Cara Makan Caviar

Caviar cenderung fleksibel dan bisa dipadukan dengan hidangan apa saja. Mulai dari hidangan yang matang hingga hidangan mentah seperti sushi sekalipun.

Di restoran-restoran mewah biasanya caviar akan dihidangkan sebagai topping canape, sushi atau beragam makanan lainnya. Berbeda dengan Sisca Kohl yang baru saja memborong caviar dan nugget, Sisca Kohl justru mengonsumsi caviar sebagai topping nugget.

Tidak hanya dengan nugget, Sisca Kohl juga pernah mengonsumsi caviar sebagai topping untuk pancake. Beragam jenis caviar pernah dicoba oleh Sisca Kohl bahkan ia hingga menghabiskan Rp20 juta untuk konten mencoba berbagai jenis caviar.

Telur caviar di dalam perut ikan Sturgeon. (Foto: Istimewa)
Telur caviar di dalam perut ikan Sturgeon. (Foto: Istimewa)

Manfaat Caviar

Bukan hanya harganya yang mahal caviar juga menyimpan nutrisi yang padat dan baik untuk kesehatan. Pada 100 gram caviar terdapat 25 persen kandungan protein dari berat total caviar yang menunjukkan kadar proteinnya cukup tinggi.

Pada 100 gram caviar terkandung 181 miligram kalium, 25 gram protein, 275 miligram kalsim, 117 IU vitamin D serta beragam nutrisi lainnya. Kepadatan nutrisi pada caviar juga dinilai begitu bermanfaat bagi kesehatan.

Asam lemak omega 3, protein dan antioksidan yang ada di dalamnya juga diketahui dapat memelihara kesehatan dan fungsi otak hingga mencegah pikun. Kandungan kalsium serta vitamin D dalam caviar yang tinggi juga dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang hingga meminimalisir risiko osteoporosis.

Cara Penyimpanan Caviar

Dalam caviar terdapat bakteri nilem yang bila direndam dalam campuran larutan asam asetat dengan larutan garam pada penyimpanan suhu rendah antara 5-0 derajat C untuk mengetahui karateristik dari bakterinya. Berdasarkan hasil uji bateri tersebut, bahwa karakteristik yang dimiliki oleh bakteri pada perendaman campuran dari 0,3 persen larutan asam asetat dengan 15 persen larutan garam pada penyimpanan suhu rendah (5-10 derajat C) merupakan konsentrasi terbaik, dengan masa simpan 21 hari, yang dikatakan masih layak konsumsi, dengan jumlah total bakteri yang tumbuh berkisar 3×10 cfu/g.

Kandungan Gizi Dalam Caviar

Ikan sturgeon bisa ditemukan di perairan Eurasia dan Amerika Utara, dalam sungai subtropis, juga pesisir selatan Samudra Atlantik, beberapa spesies caviar yang umumnya dikonsumsi, seperti beluga, osetra, dan sevruga, yang memiliki kandungan gizi baik antara lain:

a. Energi: 45 Kalori

b. Protein: 3 g

c. Lemak: 3 g

d. Kalsium: 20 mg

e. Zat besi: 1,44 mg

f. Sodium: 250 mg

g. Vitamin A Dan Vitamin D: 100 IU dan 18 IU

h. Asam lemak: 0,499 g

i. Kolesterol: 95 mg

j. Kalium: 29 mg

Selain kaya akan kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Cviar juga terkenal sebagai sumber omega-3 terbaik, karena dalam satu sndok makan (14,3 g) caviar, terdapat omega 3 sebanyak 1,086 mg.Dalam caviar juga terkandung antioksidan yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Telur caviar. (Foto: Istimewa)
Telur caviar. (Foto: Istimewa)

Manfaat Konsumsi Caviar

1. Membantu meredakan peradangan

Caviar bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan karena kandungan Omega 3 yang tinggi. Tak hanya meredakan peradangan tetapi juga membantu meredakan gejala rheumatoid arthritis, terutama pada sendi yang mengalami pembengkakan.

2. Menjaga kesehatan otak

Omega 3 yang terkandung dalam caviar juga membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Hal tersebut juga berguna bagi orang yang memiliki risiko mengidap penyakit Alzheimer.

3. Mengurangi risiko penyakit mata

Kandungan asam lemak Omega 3, vitamin A, dan antioksidan lutein pada caviar diketahui juga membantu memperbaiki gejala mata kering dengan cara meningkatkan lapisan minyak pada mata. Sementara itu, vitamin A dikenal juga untuk menjaga ketajaman penglihatan, dan kandungan lutein memabntu mengurangi peradangan mata.

4. Memelihara kesehatan tulang

Kandungan gizi seperti kalsium, protein, hingga vitamin D pada caviar memiliki manfaat bagi pemeliharaan kesehatan tulang. Tak hanya itu, kandungan kalsium dan vitamin D juga merupakan nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tulang, jadi bisa membantu orang terhindar dari penyakit tulang seperti Osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan jantung

Dalam caviar juga terkandung kalium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, seperti mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, selain itu kanduangan kalium dan protein yang ada dalam caviar juga bisa membantu meningkatkan kadar olesterol baik sehingga mampu mencegah penyakit jantung atau stroke.

6. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan antioksidan dalam caviar juga berguna dalam membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, seperti melindungi dan menutrisi kulit. Tak hanya itu, kandungan omega-3 nya juga membantu untuk menutrisi agar kulit menjadi lembab dan lembut.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.