Terkait Formula E, DPRD DKI Pertanyakan Pinjaman Jakpro Senilai Rp2,8 T

  • Bagikan


SuaraKupang.com – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mempertanyakan maksud permohonan pinjaman daerah oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) senilai Rp2,8 triliun.

Ia mengatakan jika BUMD itu telah mendapatkan suntikan modal senilai Rp3,8 triliun pada 2021. Menyangkut hal tersebut, dirinya pun mempertanyakan apakah pinjaman senilai Rp2,8 triliun pada 2022 itu digunakan untuk penyelenggaraan Formula E.

“PT Jakarta Propertindo pada tahun anggaran 2021 telah dapat Penyertaan Modal Daerah (PMD) senilai Rp3,8 T sekian dan pada APBD tahun 2022 diberikan lagi pinjaman daerah sebesar 2,8 triliun sekian. Untuk apa diberikan pinjaman daerah. Apakah ini untuk Formula E?” katanya dalam rapat badan anggaran di Gedung DPRD, Senin (08/11/2021).

Menjawab pertanyaan Ketua DPRD DKI tersebut, Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Riyadi mengatakan, jika PMD yang diberikan kepada PT Jakpro tahun ini digunakan untuk membangun Jakarta International Stadium (JIS) dan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM).

“Pinjaman 2022 ini rencananya untuk bangun ITF (Intermediate Treatment Facility). Jadi bukan untuk Formula E, hanya ITF saja,” jelasnya.

Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 2022 mendatang. Keputusan itu telah ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10).

Forum tersebut turut meratifikasi kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 mendatang.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional.

“Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan,” tulis Anies dalam unggahannya akun Instagramnya @aniesbaswedan, Sabtu (16/10/2021).


Photo Credit: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. FILE/IST. PHOTO

 

A. Chandra S.
Latest posts by A. Chandra S. (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *