Terobosan Vietnam, Terbitkan Pedoman Kode Etik Medsos

Cerdas bermedsos dan qaspadai hoaks di media sosial dilakukan Indonesia. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Pedoman Nasional mengenai kode etik di media sosial diterbitkan oleh Vietnam untuk hal yang positif. Di dalamnya, meliputi agar pemerintah dapat mendorong penduduk di negara tersebut mengunggah konten positif tentang negara.

Yang menarik, dalam Pedoman Kode Etik Medsos di Vietnam, mengharuskan pegawai negeri melaporkan ‘informasi yang bertentangan’ kepada atasan mereka.

Dengan kata lain, pedoman tersebut diterbitkan untuk memastikan kebebasan sipil, kebebasan berbisnis, dan tak ada diskriminasi antara penyedia layanan domestik dan asing sesuai standar yang disepakati Vietnam. Demikian dilansir Reuters, Sabtu 19 Juni 2021.

Berlaku bagi Organisasi, Dorong Promosikan Wisata

Selain itu, pedoman tersebut juga melarang unggahan konten yang melanggar hukum dan ‘memengaruhi kepentingan negara’. Pedoman itu berlaku bagi semua organisasi, perusahaan media sosial dan penggunanya di Vietnam.

“Pengguna media sosial didorong untuk mempromosikan keindahan alam, masyarakat, dan budaya Vietnam, dan menyebarkan cerita baik tentang orang-orangnya yang baik,” demikian salah satu bunyi pedoman bermedsos tersebut yang tertuang dalam keputusan kementerian informasi yang mulai berlaku sejak diundangkan pada 17 Juni 2021.

Sementara hingga sampai saat ini, Belum ada penjelasan apakah pedoman tersebut mengikat secara hukum, atau bagaimana cara penegakannya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.