Tiga Kecamatan di Bondowoso Belum Punya Alat Perekaman KTP-El

Kantor Dispendukcapil Bondowoso menargetkan semua kecamatan bisa melayani perekaman KTP-El pada 2022.(foto:guido/ngopibareng.id)

[ad_1]

Belum semua kecamatan di Bondowoso Jawa Timur dapat melayani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) kepada masyarakat. Dari 23 kecamatan di Kota Tape -sebutan Kabupaten Bondowoso- masih ada tiga kecamatan belum memiliki alat perekaman KTP-El.

“Tiga kecamatan yang belum memiliki alat perekaman KTP-El adakah Kecamatan Binakal, Prajekan, dan Tlogosari,” kata Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Bondowoso, Priyono Hadi Siswanto, Selasa 11 Januari 2022.

Ia mengungkapkan, sebenarnya pengadaan alat perekaman KTP-El di tiga kecamatan tersebut sudah dianggarkan pada APBD Bondowoso 2021 awal. Tapi, karena ada kesalahan teknis dalam penganggaran, sehingga baru dimasukkan Perubahan APBD 2021.

“Alat perekaman KTP-El untuk tiga kecamatan yang belum ada sudah siap. Alatnya di-setting dulu sehingga begitu diserahkan bisa langsung digunakan di kecamatan. Minggu terakhir Januari 2022 ini akan diserahkan,” ungkapnya.

Priyono menjelaskan, selama belum memiliki alat perekaman KTP-El, masyarakat di Kecamatan Binakal, Prajekan dan Tlogosari tidak harus datang ke Kantor Dispendukcapil Bondowoso. Namun, bisa melakukan perekaman KTP-El di kecamatan terdekat.

“Karena, alat perekaman KTP-El di setiap kecamatan tidak hanya diperuntukkan masyarakat kecamatan setempat. Masyarakat kecamatan lain di Bondowoso bisa menggunakan juga,” jelasnya.

Sekretaris Dispendukcapil Bondowoso, Priyono Hadi Siswanto. (foto:guido/ngopibareng.id)
Sekretaris Dispendukcapil Bondowoso, Priyono Hadi Siswanto. (foto:guido/ngopibareng.id)

Alat perekaman KTP-El di setiap kecamatan, menurut Priyono, terdiri dari CPU, iris mata, signature, sidik jari dan kamera. “Sedangkan, untuk alat cetak KTP-El masih terpusat di Kantor Dispendukcapil Bondowoso. Karena, seluruh komputer untuk perekaman KTP-El di semua kecamatan terhubung server pusat Kemendagri dan Dispendukcapil Bondowoso,” terangnya.

Priyono menambahkan, pada 2022, Pemkab Bondowoso mengupayakan anggaran pengadaan alat cetak KTP-El di kawasan eks Pembantu Bupati di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Maesan, Prajekan, dan Tamanan. “Pengadaan alat cetak KTP-El kita lakukan bertahap. Makanya, di awal kita upayakan dulu tiga kecamatan eks Pembantu Bupati,” tambahnya.

Penulis: Guido Saphan.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.