Timnas Garuda Lolos Piala Asia, Ini Peringkat FIFA Negara Peserta

Samantha Kerr, striker Timnas Sepakbola Wanita Australia yang disebut mampu membawa The Mathilda jadi tim kelas dunia. Australia berkompetisi dengan Indonesia dan 10 negara lain di Piala Asia Wanita 2022 di India. (Foto: sportingnews.com)

[ad_1]

Piala Asia Wanita 2022, atau AFC Women’s Asian Cup 2022 putaran final akan berlangsung pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022 di India. Ada 12 timnas sepakbola wanita dari 12 negara yang bertanding di ajang kompetisi sepakbola tertinggi di Asia itu. Berikut profil dari timnas peserta Piala Asia Wanita 2022, termasuk Indonesia.

Iran

Timnas sepakbola dari Iran ikut berlaga di Piala Asia Wanita 2022. Iran tergabung dalam Grup A, bersama tuan rumah India, dan juara tiga Piala Asia Wanita 2018, China.

Sepakbola wanita di Iran boleh dibilang mengalami perkembangan lebih baik di banding Indonesia. Tim ini terus melaju meski sempat dilarang ikut pertandingan kualifikasi Olimpiade 2012 di London, Inggris.

Timnas Sepakbola Iran dilarang ikut lantaran personelnya menggunakan hijab atau kerudung, diterjemahkan dari herfootballhub.com, Jumat 7 Januari 2022.

Namun di dalam negeri, Pemerintah Iran memberikan perhatian lebih kepada sepakbola perempuan. Ada Liga Kowsar Perempuan yang muncul di tahun 2007, sebagai wadah mendorong bakat dan kemampuan olah bola bagi perempuan Iran, diterjemahkan dari goal.com.

Timnas Sepakbola Wanita Iran. (Foto: tehrantimes)
Timnas Sepakbola Wanita Iran. (Foto: tehrantimes)

Peringkat timnas sepakbola wanita Iran sendiri kini berada pada urutan 72 versi FIFA, jauh di atas Indonesia di peringkat 96.

India

Timnas Sepakbola Wanita India kini berada di peringkat 55 dunia versi FIFA. Di dalam negeri, India punya liga sepakbola wanita sejak tahun 2016, bernama Liga Sepakbola Wanita India (IWL).

Sejak diresmikan, liga ini telah berputar selama empat musim dan berhenti di tahun 2020 hingga saat ini akibat pandemi.

Di Piala Asia Wanita 2022, India lolos ke babak putaran final sebab posisinya sebagai tuan rumah turnamen akbar milik AFC ini.

Personel timnas India. (Foto: goal.com)
Personel timnas India. (Foto: goal.com)

Taipei

Taipei atau Taiwan, lolos ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 setelah mengalahkan Laos dan Bahrain di babak kualifikasi. Peringkat Taipei sendiri kini berada di urutan ke-32 FIFA.

Di dalam negeri, negara yang bersengketa dengan China ini, juga memiliki liga sepakbola wanita yang relatif muda, sejak 2014. Namun, liga Mulan Taiwan terakhir berputar di tahun 2020 sebelum vakum selama pandemi.

China

Sepakbola wanita di China boleh dibilang memiliki perkembangan paling maju di antara negara lainnya. Liga sepakbola wanitanya, telah bergulir sejak 1997 dan berganti nama di tahun 2011.

China lolos di Piala Asia Wanita 2022 sebab kemenangannya menduduki peringkat ketiga di Piala Asia Wanita 2018 lalu, setelah mengalahkan Thailand. FIFA menempatkan Timnas Sepakbola Wanita China di peringkat 19 dunia.

Timnas China di Piala Asia 2018. (Foto: chinadaily)
Timnas China di Piala Asia 2018. (Foto: chinadaily)

Filipina

Timnas Sepakbola Wanita Filipina lolos ke Piala Asia Wanita 2022 setelah mengalahkan sejumlah negara di babak kualifikasi. Di antaranya Nepal, dan Hong Kong.

Di dalam negeri, Filipina juga memiliki liga sepakbola wanita sejak 2016. Sayangnya, liga ini berhenti sejak 2020 akibat pandemi. Filipina pun kini menduduki peringkat 64 sepakbola wanita dunia versi FIFA.

Korea Selatan

Sepakbola Wanita di Korea Selatan tergolong maju. Timnas Sepakbola Wanita Korsel menduduki peringkat 18 dunia. Liga sepakbola wanitanya bergulir sejak 2009, dengan sedikitnya 21 tim ikut berpartisipasi.

Liga WK terakhir bergulir pada 2021 dengan pemenangnya klub Incheon Hyundai Steel Red Angel.

Korea Selatan di Piala Asia 2018. (Foto: chinadaily)
Korea Selatan di Piala Asia 2018. (Foto: chinadaily)

Indonesia

Di antara 12 negara peserta Piala Asia Wanita 2022, peringkat dunia Timnas Sepakbola Wanita Indonesia, berada paling rendah, di posisi 94.

Meski kompetisi antara klub sepakbola wanita di Indonesia sudah bergulir di tahun 1980an, dan jejak timnas Srikandi Garuda sudah banyak ditorehkan di panggung internasional, liga sepakbola wanita Indonesia mengalami nasib berbeda dengan negara lain.

Timnas Sepakbola Wanita Indonesia saat melawan Singapura di babak kualifikasi Piala Asia 2022. (Foto: indosport)
Timnas Sepakbola Wanita Indonesia saat melawan Singapura di babak kualifikasi Piala Asia 2022. (Foto: indosport)

Liga modern, Liga 1 Putri resmi bergulir di tahun 2019. Ada 10 tim yang berkompetisi dan Persib Putri jadi kampiunnya. Namun sayangnya, liga ini urung bergulir di tahun 2020 dan rencananya baru akan muncul di tahun 2022.

Masuknya Timnas Putri Indonesia ke Piala Asia 2022 jadi kejutan, berbekal dua kali kemenangan melawan Singapura di babak kualifikasi.

Vietnam

Vietnam lolos ke putaran final Piala Asia 2022 dengan membantai dua timnas Tajikistan dan Maldives dengan skor telak, masing-masing 7 dan 16 gol tanpa balas.

Pada peringkat FIFA, Vietnam duduk di urutan 32 dunia. Di dalam negeri, Vietnam memulai liga sepakbola wanita sejak 1998, dan liga terakhir berlangsung di tahun 2020.

Australia

Australia masuk ke Piala Asia 2022 sebab mengantongi posisi runner up Piala Asia 2018. Timnas wanita berjuluk The Mathilda ini memiliki peringkat FIFA paling tinggi di antara 12 negara lain yang bertanding di Piala Asia.

Timnas Sepakbola Wanita Australia bertengger di peringkat 11 FIFA, dan berhasil masuk ke babak semifinal Sepakbola Wanita di Olimpiade Tokyo lalu. Langkahnya terhenti setelah dikalahkan Timnas Wanita Amerika Serikat, pemegang medali emas Olimpiade empat kali, di enam kali kepesertaan.

Timnas Sepakbola Wanita Australia. (Foto: sportingnews)
Timnas Sepakbola Wanita Australia. (Foto: sportingnews)

Selain peringkat tertinggi FIFA di antara negara lain, materi pemain Australia juga dikenal banyak berlaga di liga sepakbola wanita dunia, seperti Liga Inggris, dan Eropa.

Jepang

Jepang adalah juara bertahan Piala Asia Wanita 2022 . Ajang Piala Asia 2022 digadang-gadang jadi kesempatan membuktikan diri setelah berpenampilan buruk di Olimpiade Tokyo lalu.

Timnas sepakbola wanita Jepang berjuluk Nadeshiko, kini bertengger di peringkat 13 dunia.

Pemain Timnas Jepang Saki Kumagai dalam She Believes Cup 2020. (Foto: japantimes.co)
Pemain Timnas Jepang Saki Kumagai dalam She Believes Cup 2020. (Foto: japantimes.co)

Thailand

Thailand lolos ke babak putaran final Piala Asia 2022 setelah mengalahkan Palestina dan Malaysia di babak kualifikasi.

Seperti kompatriotnya di timnas laki-laki, skuad wanita Thailand juga patut diwaspadai. Pada Piala Asia 2018, Thailand berhasil menjadi semifinalis sebelum dikandaskan oleh China. Timnas wanita Thailand kini duduk di peringkat 38 dunia versi FIFA.

Myanmar

Keperkasaan Timnas Sepakbola Wanita Myanmar di Piala Asia Wanita 2022 dibuktikan dengan mengalahkan Arab Saudi dan Lebanon di babak kualifikasi.

Negara dengan liga sepakbola wanita yang baru bergulir di tahun 2016 ini, kini menduduki peringkat 47 FIFA.

Bekal kemenangan dan peringkat FIFA, jadi modal penting bagi Myanmar untuk berlaga di Piala Asia Wanita 2022 ini.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.