Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Banyuwangi Buat Kebun Jahe

Anggota Posramil Licin membersihkan kebun percontohan tanaman jahe dari tanaman liar (foto:istimewa)

[ad_1]

Untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 yang belum usai, seorang Babinsa Posramil Licin membuat kebun percontohan. Jenis tanaman yang dipilih adalah jahe. Kebun percontohan ini berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

“Kegiatan ini sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19,” kata Danposramil Licin Peltu Agus Sugiarto, Jumat, 21 Januari 2022.

Dia menambahkan, penanaman jahe di kebun percontohan ini sudah mulai dilaksanakan beberapa waktu lalu. Selain untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan, tanaman jahe ini juga bisa menjadi komoditas yang memiliki nilai jual. Sehingga bisa membantu menambah penghasilan masyarakat.

“Kita edukasi masyarakat untuk mulai menanam jahe dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki,” jelasnya.

Pembuatan kebun percontohan ini, menurut Agus Sugiarto, sebagai salah satu bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat. Kegiatan ini sebagai implementasi kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sehingga kehadiran TNI bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kami bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19,” sambungnya.

Dia berharap, pembuatan kebun percontohan ini dapat memotivasi masyarakat dan para petani. Jika dilakukan dengan baik, maka tanaman jahe akan berkembang dengan baik dan hasilnya juga maksimal.

“Kami akan terus memotivasi para petani dan masyarakat untuk membudidayakan jahe dalam rangka menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan. Upaya ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai aparat Teritorial di wilayah binaan,” pungkasnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.