Tundukkan Wales 1-0, Italia Sapu Bersih

  • Bagikan
Matteo Pessina mencetak gol kemenangan Italia atas Wales pada matchday 3 Grup A Euro 2020


Timnas Italia menyapi bersih semua laga di Grup A setelah berhasil memetik kemenangan pada laga ketiganya di babak penyisihan Grup A. Bertanding melawan Wales di matchday 3 Grup A Euro 2020, Minggu 21 Juni 2021 di Stadio Olimpico, Roma, Italia menang dengan 1-0.

Gol Italia di laga ini dicetak oleh gelandangnya, Matteo Pessina, di menit ke-39. Kemenangan ini membuat Italia lolos ke babak 16 besar dengan poin sempurna.

Italia yang sudah memastikan diri melaju ke babak berikutnya menurunkan pemain lapis kedua di pertandingan ini. Tidak ada nama Manuel Locatelli, Ciro Immobile, Leonardo Spinazozla pada starter Gli Azzuri.

Kendati begitu, Italia tetap tampil perkasa. Terus mendominasi, Italia memiliki seabrek peluang di sepanjang babak pertama. Meski sayang, hal itu tak dibarengi dengan akurasi penyelesaian yang baik.

Italia sendiri baru memecah kebuntuan enam menit sebelum babak pertama usai. Diawali umpan tendangan bebas yang dikirimkan Marco Verratti dari sisi kanan, diteruskan Matteo Pessina. Bola meluncur deras ke sisi kanan dan gagal dijangkau Danny Ward. Skor 1-0 untuk Italia.


Para pemain Italia merayakan kelolosan mereka ke babak 16 besar usai menang 1-0 dari Wales.

Unggul 1-0, Italia tak mengendurkan serangan. Namun hingga babak pertama usai, keunggulan itu tak berubah.

Di babak kedua, Italia masih dominan. Ketimpangan semakin besar ketika satu pemain Wales, Ethan Ampadu harus menerima kartu merah di menit ke-57 lantaran menginjak kaki Bernardeschi.

Bermain hanya dengan 10 pemain, Wales semakin sulit berkembang. Gempuran bertubi-tubi dilakukan Italia kepada pertahanan Wales. Beruntung, lemahnya akurasi tembakan para pemain Italia, serta penampilan gemilang Ward membuat gawang mereka aman.

Di menit ke-76, Wales mempunyai peluang emas melalui Gareth Bale. Sayangnya, tembakan voli jarak dekat yang dilepaskan Bale melambung jauh di atas mistar gawang Gianluigi Donnarumma. Padahal selain tak terkawal, juga tidak ada ganggung yang dilakukan pemain Italia.

Itu menjadi satu-satunya peluang apik yang dimiliki Wales dalam 90 menit laga berjalan. Selebihnya, mereka lebih banyak berjibaku menahan gelombang serangan Italia tanpa henti yang dilakukan Italia. Kendati begitu, hingga peluit akhir dibunyikan oleh sang wasit, Italia gagal menambah keunggulan.     

Dengan kemenangan ini, Italia menyapu bersih tiga laga di Grup A dengan kemenangan. Tim besutan Roberto Manchini mengantongi 9 poin dan memuncaki klasemen akhir Grup A.

Sementara itu, Wales mengoleksi 4 poin hasil dari sekali menang, sekali imbang, dan sekali tumbang. Mereka berhak lolos sebagai runner-up grup berkat keunggulan selisih gol dari Swiss yang pada jam yang sama menang 3-1 atas Turki.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *