Viral, Warga Gotong Peti Jenazah sambil Joget di Toraja

  • Bagikan
Tangkapan layar prosesi pemakaman dengan menggotong peti jenazah dan berjoget. (Foto: Instagram @makassar_iinfo)


Beberapa orang terlihat menggotong peti jenazah dari kayu. Warga tampak mengenakan kaos atau busana serba hitam. Uniknya, saat menggotong peti jenazah, warga tersebut berjoget dengan mengangkat peti ke atas. Mereka tampak antusias dan gembira. Mereka juga terlihat berputar searah jarum jam dan kembali mendorong sekali lagi peti ke atas.

Warga ini juga bersorak riang dengan suara lantang. Pada sudut lain tampak warga yang lain melempar air dan bunga ke arah peti yang diangkat warga itu. Video tersebut pun viral di media sosial dan diunggah akun Instagram @makassar_iinfo.

Dari keterangan yang dituliskan prosesi pemakaman tersebut adalah tradisi penduduk di Toraja, Sulawesi Selatan. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk hiburan bagi keluarga yang ditinggalkan. Sejak diunggah, video tersebut mendapat 837 lebih komentar dan telah ditonton lebih dari 280.000 viewer.  

Video itu menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mendukung dengan memberikan pandangannya atas adat prosesi tersebut. Salah satunya akun bernama @libraenigladys. Dia menulis, “Yang bilang kasian, tidak kasian ji. Justru itu bentuk penghormatan terakhir untuk pelepasan jenazah. Beda adat bed acara dong. Di mana pun berada, adat dari kampung tetap dibawa”.

Senada dengan akun di atas, pengguna yang lain menyatakan hal serupa. Akun bernama @fadlii28_ berkomentar, “Ini adat Toraja. Yang bilang ga ada akhlak, kurang jauh mainnya”.

Ada pula pengguna yang kontra. Seperti pengguna bernama @a.ahmad_hidayat. Menurutnya adat tersebut terbilang aneh. “Bahagia atas meninggalnya seseorang, wkwkkwkw. ANEH, emoji orang tertawa,” tulisnya di kolom komentar.

Terakhir, ada juga warganet yang menanyakan apa yang terjadi jika petinya jatuh. “Kalau petinya jatuh masih terhibur nggak?,” tanya akun @helmizulfiana.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *