Walikota Pastikan Hewan Kurban di Kota Mojokerto Aman

  • Bagikan
Walikota Mojokerto saat sidak hewan kurban.(Foto: Deni Lukmantara/Ngopibareng)


WaliKota Mojokerto, Ika Puspitasari sidak kebutuhan pokok di pasar tradisional dan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. Kali ini Pasar Tanjung, Jalan Residen Pamuji, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, menjadi sasaran, Rabu 14 Juli 2021.

Pasar Tanjung merupakan jantung perbelanjaan di Kota Mojokerto sebagai penyedia kebutuhan pokok masyarakat. Sidak pangan dan harga kebutuhan pokok ini dilakukan bersama Tim Ketahanan Pangan dan Pengendali Inflasi Daerah.

“Harga pokok kebutuhan dasar termasuk harga daging harganya masih stabil, dan bahkan tejadi penurunan harga,” terang walikota yang akrab disapa Ning Ita ini.

Ning Ita menegaskan, ketersediaan pasokan akan kebutuhan pokok (sembako) selalu tersedia di Pasar Tanjung.

“Semuanya aman dan di mana pasokannya sudah lancar meskipun terjadi pengetatan di ruas jalan karena memang untuk transportasi ini ada pengetatan yang diberlakukan,” tegasnya.

Meskipun ketersediaan bahan pokok dipastikan aman, walikota mengakui bahwa daya beli masyarakat turun akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ya tentu pasti akan ada penurunan gitu ya, daya beli ini belum kita rilis karena kita membackup data pastinya dari BPS (Badan Pusat Statistik),” terang Ning Ita.

Selama ada PPKM Darurat ini, para pedagang memahami dan taat terhadap ketetapan pemerintah. Di mana selama PPKM Darurat ini Pasar Tanjung beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dan maksimal kapasitas 50 persen.

Usai sidak kebutuhan harga di Pasar Tanjung, walikota melanjutkan mengunjungi lapak hewan kurban di Jalan Ijen, Wates, Kecamatan Magersari. Tujuannya memastikan langsung kondisi lapak hewan kurban dan memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat.

Dari hasil pengecekan dipastikan ratusan hewan kurban yang dijual di Kota Mojokerto ini dinyatakan sehat oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

“478 ekor kambing 1 ekor sapi dan 12 ekor domba yang ada di 19 lapak semuanya telah dinyatakan sehat oleh DKPP,” tegas Walikota yang membawa semangat Spirit of Majapahit di Kota Mojokerto ini.

Sementara itu, harga kambing di Mojokerto rata-rata Rp2,5-3,5 juta. Tergantung usia, berat, dan ukuran hewan kurban.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *