Waspada Berita Hoax Covid-19

  • Bagikan
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro. (Foto: Setpres)


Diseminasi informasi mengenai perkembangan pandemi Covid-19 di media sangat banyak dan beragam. Untuk menghindari penerimaan informasi yang kurang tepat, Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap adanya pemberitaan hoax.

“Jauhi hoax. Verifikasi semua berita dan informasi,” ujar Reisa yang disiarkan melalui kanal YouTube Setpres, Jumat 1 Oktober 2021.

Dia melaporkan bahwa sebagian masyarakat yang telah divaksin terbukti mampu mendapatkan informasi dari sumber resmi. “Sebanyak 91 juta orang lebih yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama menunjukkan bahwa mereka mampu menyaring informasi hanya dari sumber yang resmi dan validitasnya teruji,” ujar Reisa.

Kesadaran untuk memerangi berita hoax merupakan hal penting karena pemberitaan yang salah tidak akan membantu menyelesaikan pandemi. “Hoax tidak akan membantu menyelesaikan pandemi, hoax dan fitnah dapat membahayakan nyawa orang lain terutama tenaga kesehatan,” lanjutnya.

Terkait kemarahan massa terhadap tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah daerah, Reisa mengajak masyarakat untuk menjaga keselamatan para nakes. Menurutnya, para nakes sebagai vaksinator memiliki niat tulus untuk membantu masyarakat agar cepat mendapatkan suntikan vaksin.

“Mari kita jaga sama-sama keselamatan tenaga kesehatan kita. Mereka yang menyehatkan keluarga dan anak-anak kita,” pesan Reisa.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *