Waspada! Sampel Omicron Jawa Timur Berasal dari Surabaya

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 (virus corona) Jawa Timur langsung bergerak untuk mengumpulkan data terkait seorang pasien yang dinyatakan terpapar Covid-19 varian B 1.1.529 Omicron.

Staf Ahli Rumpun Kuratif Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, dokter Makhyan Jibril Al Farabi menyampaikan, sampel tersebut masuk tanggal 28 Desember 2021 lalu.

“Ini kalau kami lihat sampel tanggal 28 Desember, lalu ada tindakan untuk sequencing karena diduga menunjukkan Omicron. Sampelnya dari Surabaya,” ungkap Jibril, Minggu 2 Januari 2022.

“(Sampel) dicurigai karena CT Value di bawah 25 seperti kami mendeteksi varian baru sebelumnya Delta. Setiap CT Value di bawah 25 diarahkan langsung untuk sequencing,” jelasnya.

Hanya saja, hingga kini Jibril belum bisa memberikan penjelasan detail terkait data pasien, sebab masih dikoordinasikan oleh tim kesehatan gabungan. “Sekarang sedang dikoordinasikan dari mana pasien ini, ada riwayat ke luar negeri atau tidak. Masih dikumpulkan datanya. Nanti akan dirilis bersama oleh lembaga terkait,” pungkasnya.

Karena sudah ditemukan kasus Omicron di Jawa Timur, ia berpesan kepada masyarakat untuk lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.