Wisnu Bawa Tenaya Nahkodai Kembali PHDI Pusat, Ini Pesan Menag

  • Bagikan
Menag Yaqut Cholil Qoumas berfoto bersama usai penutupan Mahasbha XII PHDI. (Foto: Kemenag)


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam penutupan Mahasbha XII Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Gelaran Mahasabha XII PHDI yang berlangsung 28 – 31 Oktober 2021 dengan mengusung tema Kolaborasi dalam Harmoni Menuju Indonesia Maju ditutup secara daring oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Mengawali sambutannya Menag menyampaikan ucapan selamat kepada Wisnu Bawa Tenaya yang terpilih kembali sebagai nahkoda PHDI Pusat periode 2021 – 2026 dalam Muhasabha XII.

“Kepada Ketua Umum PHDI dan jajaran pengurus saya mengucapkan selamat, semoga amanah dan bisa membawa organisasi dan umat Hindu ke arah yang lebih baik lagi,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, Minggu 31 Oktober 2021.

“Saya memang pantau Muhasbha ini dan minta agar gelaran lima tahun ini menjadi pintu konsolidasi dan persatuan bagi umat Hindu bukan menjadi ajang perpecahan. Buat umat tenang dan nyaman dalam beribadah,” sambung Gus Yaqut.

Perbedaan adalah Sunatullah

Menurut Menag, perbedaan apapun, termasuk perbedaan pendapat dalam Muhasabha, adalah hal yang biasa. Tuhan menginginkan umatnya berbeda-beda termasuk dalam hal pendapat, tinggal bagaimana umat bersikap dalam memandang perbedaan itu.

“Hari ini umat Hindu membuktikan bahwa mereka mampu menjalankan agenda lima tahunan ini dengan baik. Harapan saya umat Hindu menjadi contoh dan teladan bagi umat beragama lain dimana ada keseimbangan antara hubungan dengan Tuhan, manusia dan alam,” ujar Menag.

Dijelaskan Menag, dirinya melihat sendiri tatkala ke Bali di mana ada ketenangan, kedamaian, dan hubungan antar umat beragama yang berbeda itu bisa berjalan dengan baik dan harmonis.

Menag berharap kepengurusan PHDI ke depan dapat menjadi cerminan tentang apa yang dibahas dalam Muhasbha XII.

“Saya yakin dan percaya umat Hindu di bawah naungan PHDI yang dipimpin Bapak Wisnu Bawa Tenaya bisa mewujudkan semua ini. Atas nama Kementerian Agama, saya tidak akan mengurangi sedikitpun komitmen terhadap seluruh umat beragama, termasuk umat Hindu. Sebab, Kementerian Agama adalah milik semua agama,” tutur Menag.

Tampak hadir dalam penutupan Mahasbha XII, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga,

Dirjen Bimas Hindu Trihandoko Seto,, ajaran pengurus PHDI serta perwakilan lembaga tinggi negara lainnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *